Selasa, 29 November 2022

Laga Wales vs Iran Sore Ini: Cari Obat Luka Usai Dibantai Inggris

Berita Terkait

Timnas Iran berambisi bangkit saat melawan Wales, Jumat (25/11) sore WIB, usai dibantai Inggris pad laga pertama (Tom Jenkins/The Guardian)

batampos – Iran hancur lebur saat menjalani pertandingan pertama Piala Dunia 2022. Tim asuhan Carlos Queiroz itu kalah 2-6 dari Inggris. Berdasar itu, laga melawan Wales pada lanjutan Grup B, Jumat (25/11) sore WIB bakal dijadikan Iran untuk mengobati luka.

Ini pertandingan hidup mati bagi Iran yang dibantai Inggris 2-6 dalam laga pertama. Kesuksesan Arab Saudi mengalahkan Argentina menjadi inspirasi menghidupkan asa menembus babak knock-out untuk pertama kalinya.

Akan tetapi, Wales juga tak mau kecolongan. Setelah hanya bisa seri 1-1 melawan AS berkat gol menit terakhir Gareth Bale, Wales harus menaklukkan Iran agar posisinya lebih aman menuju babak knock-out.

Baca Juga: Pelatih Ghana Sebut Penalti untuk Portugal Hadiah Spesial dari Wasit

Hasil ini tak lepas dari perubahan taktik yang diambil pelatih Rob Page pada babak pertama saat dia memasukkan Kieffer Moore yang mengubah arah permainan. Page mengaku sudah belajar dari laga melawan AS. “Penting bagi kami untuk tidak kalah,” kata Page seperti dikutip Reuters.

Page kini bisa menarik kesimpulan bahwa kekuatan skuadnya relatif merata sehingga pemain pengganti seperti Moore pun bisa mengubah arah pertandingan. Dan itu membesarkan hatinya. Kini, Wales akan dijajal Iran yang berusaha untuk bangkit usai dibantai Inggris.

Sebelum laga ini, Wales pernah sekali menghadapi Iran pada laga persahabatan 1978 dan saat itu mereka menang 1-0. Carlos Queiroz tahu itu statistik lama sehingga tak akan mempengaruhi keyakinannya bahwa Iran akan bangkit.

Baca Juga: Richarlison Bikin Gol Akrobatik, Brasil Pukul Serbia 2-0

Jelang laga melawan Wales, Iran dihadapkan masalah di luar lapangan setelah pendukung mereka menuduh skuad telah berpihak kepada tindakan keras negara terhadap kerusuhan di Iran yang sudah menewaskan lebih dari 400 orang. Padahal para pemain memilih bungkam tidak menyanyikan lagu kebangsaan mereka sebelum pertandingan melawan Inggris sebagai bentuk dukungan kepada gerakan unjuk rasa menentang kekerasan di negaranya.

Rekor Pertemuan:
Iran 0-1 Wales (Persahabatan, 18 April 1978)

Statistik:
– Wales mengalahkan Iran 1-0 dalam satu-satunya pertemuan kedua tim yang terjadi dalam pertandingan persahabatan pada 1978.
– Wales berusaha mengulang prestasi di Piala Dunia 1958, lolos ke babak knock-out.
– Tidak ada pemain Wales yang mampu menyaingi Gareth Bale dalam jumlah gol yang dicetak selama turnamen besar. Bale mencetak gol keempatnya dalam sebuah turnamen besar saat melawan Amerika Serikat pada pertandingan pertamanya di Grup B.
– Iran berada di dasar klasemen setelah dibantai 2-6 oleh Inggris dalam pertandingan pertama Grup B Piala Dunia 2022.
– Meski sering masuk putaran final Piala Dunia, Iran tidak pernah bisa melewati babak penyisihan grup dan hanya memenangkan satu dari 11 pertandingan terakhirnya di Piala Dunia, yakni ketika menang 1-0 atas Maroko di Piala Dunia 2018.

Perkiraan Susunan Pemain
Wales (3-4-3): Wayne Hennessey; Chris Mepham, John Rodon, Ben Davies; Connor Roberts, Aaron Ramsey, Ethan Ampadu, Neco Williams; Gareth Bale; Kieffer Moore, Harry Wilson
Pelatih: Rob Page

Iran (5-4-1): Hossein Hosseini; Sadegh Moharrami, Mortza Pouraliganji, Rouzbeh Cheshmi, Majid Hosseini, Milad Mohammadi; Alireza Jahanbakhsh, Ahmad Noorollahi, Ali Karimi, Ali Gholizadeh; Mehdi Taremi
Pelatih: Carlos Queiroz

 

 

Reporter: Antara

Update