Kontingen Indonesia Lampaui Target Medali Emas pada SEA Games 2023, Jokowi Beri Apresiasi

0
29
Tim beregu putra pencak silat Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. (ANTARA)
Tim beregu putra pencak silat Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. (ANTARA)

batampos – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kontingen Indonesia di SEA Games 2023 yang berhasil melampaui target perolehan 69 medali emas. Indonesia membawa pulang 87 medali emas.

“Saya sangat mengapresiasi perolehan medali, karena sudah mencapai 60 (emas). Targetnya memang dari kemarin itu 60, tapi saya minta di atas 69. Moga-moga terlampaui,” kata Jokowi dalam keterangannya, Selasa (16/5).

Capaian itu juga dilengkapi dengan 80 medali perak dan 109 medali perunggu. Sehingga secara keseluruhan, Indonesia telah berhasil memperoleh 276 medali sekaligus membuatnya berada pada peringkat ketiga klasemen.

Baca Juga: Kena Jotos Ofisial Timnas Thailand, Manajer Timnas Sepak Bola Indonesia Alami Luka di Bibir

Menurut Jokowi, target tersebut sejatinya juga melebihi target medali emas yang diusung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Sebab, Menpora Dito Ariotedjo beserta seluruh stakeholders olahraga telah menyusun strategi agar kontingen Indonesia berhasil mendapatkan 60 medali emas dan menempati urutan ketiga klasemen akhir perolehan medali.

Kontingen Indonesia juga berhasil menjadi juara umum di sejumlah cabang olahraga di antaranya pencak silat, wushu, dan balap sepeda. Bahkan, pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga andalan Indonesia yang berkontribusi menyumbang perolehan terbanyak dengan 9 medali emas.

Baca Juga: Diwarnai Drama, Timnas Indonesia Raih Emas SEA Games 2023 usai Taklukkan Thailand

Kemudian 7 medali emas dari cabang olahraga atletik juga turut membantu Indonesia mencapai target perolehan medali. Selain pencak silat dan atletik, cabang olahraga gulat mampu meraih 4 medali emas pada hari pertama pertandingan.

Sementara itu, bulu tangkis berhasil memastikan tambahan dua medali emas melalui All-Indonesian Final dari nomor ganda putri dan tunggal putra. Cabor favorit, sepak bola juga meraih medali emas setelah berhasil menapak partai final. Di partai puncak, Indonesia mengalahkan Thailand 5-2. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini