Selasa, 31 Januari 2023

Kalkulasi Pendamping Portugal di Grup H: Peluang Ghana Lebih Besar

Berita Terkait

Ghana punya peluang besar melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (GIUSEPPE CACACE/AFP)

batampos – Di Grup H, satu tiket babak 16 besar bakal diperebutkan 3 tim yakni Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan. Satu tiket dari Grup H sudah menjadi milik Portugal setelah mengemas 6 angka dari dua kemenangan.

Di klasemen sementara Grup H, Portugal di puncak dengan 6 poin dan sudah pasti lolos. Disusul Ghana di posisi kedua dengan 3 angka, Korea Selatan di peringkat ketiga dengan 1 poin, dan Uruguay mengikutinya dengan 1 poin.

Dengan komposisi itu, Ghana memiliki peluang besar mendampingi Portugal. Pada laga pamungkas Grup H yang dimainkan bersamaan pada Jumat (2/12) malam WIB, Ghana bakal menghadapi Uruguay. Kemudian Korea Selatan bersua Portugal.

Baca Juga: Petinju Meksiko Ancam Gebukin Lionel Messi, Ini Penyebabnya

Ghana (3 poin, peringkat 2)

Untuk lolos ke babak 16 besar, Ghana minimal meraih hasil imbang saat melawan Uruguay. Dengan catatan, Korea Selatan kalah dari Portugal atau minimal imbang. Dengan skenario itu, Ghana memiliki 4 angka, sementara Korsel hanya 2.

Hanya saja, pelatih Ghana, Otto Addo, ogah tergantung dari hasil laga Korsel dan Portugal. Oleh karena itu, dia bertekad membawa Ghana menang atas Uruguay. Kemenangan Ghana atas Uruguay dengan skor berapapun membuat tiket babak 16 berada dalam genggaman.

Bagaimana kalau Ghana dan Uruguay seri dan Korsel menang atas Portugal? Baik Ghana dan Korsel akan memiliki poin sama yakni 4. Tiket akan ditentukan lewat selisih gol dan kalau masih sama ditentukan lewat produktivitas ke gawang lawan selama menjalani laga di Grup H.

Baca Juga: Belgia Tersingkir, Roberto Martinez Tinggalkan Kursi Pelatih

Korea Selatan (1 pon, peringkat 3)

Lolosnya Jepang ke 16 besar bisa menjadi motivasi bagi Korsel. Untuk bisa lolos, kemenangan atas Portugal menjadi mutlak. Hanya saja, tetap tergantung dari hasil laga Ghana vs Uruguay. Andai Korsel menang dan pada saat bersamaan Ghana menang, tiket otomatis direbut Ghana.

Kans masih ada ketika laga Ghana vs Uruguay berakhir imbang dan Korsel menang. Baik Ghana dan Korsel akan memiliki poin sama yakni 4. Tiket akan ditentukan lewat selisih gol dan kalau masih sama ditentukan lewat produktivitas ke gawang lawan selama menjalani laga di Grup H.

Andai Korsel menang dan Uruguay mengalahkan Ghana, poin Korsel dan Uruguay sama yakni 4. Tiket akan ditentukan lewat selisih gol dan kalau masih sama ditentukan lewat produktivitas ke gawang lawan selama menjalani laga di Grup H.

Baca Juga: Jerman Tersingkir di Piala Dunia 2022, Ini Kata Thomas Mueller

Namun, langkah Korsel memang sulit karena Portugal tak akan melepas laga ini. Tim asuhan Fernando Santos itu mengincar juara Grup H. Mereka setidaknya butuh 1 poin untuk bisa menjadi juara Grup H.

Uruguay (1 poin, peringkat 4)

Uruguay juga dituntut menang saat menghadapi Ghana. Itupun masih tergantung dari hasil antara Korsel vs Portugal. Andai Korsel menang, Uruguay menang, poin keduanya sama yakni 4. Tiket akan ditentukan lewat selisih gol dan kalau masih sama ditentukan lewat produktivitas ke gawang lawan selama menjalani laga di Grup H.

Harapannya, Korsel kalah atau minimal imbang lawan Portugal. Dengan begitu, Uruguay bisa melaju ke 16 besar asal mengalahkan Ghana. (*)

 

 

 

Reporter: JPGroup

Update