Ini Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Filipina, Skuad Garuda Harus Tetap Waspada

0
17
Indonesia kalah 0-2 saat menjamu Irak pada Kamis (6/6) sore WIB. (PSSI)
Indonesia kalah 0-2 saat menjamu Irak pada Kamis (6/6) sore WIB. (PSSI)

batampos – Timnas Indonesia akan berjumpa dengan Timnas Filipina pada matchday keenam Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6) malam. Pertandingan ini sangat penting bagi skuad Garuda, karena kemenangan akan memastikan langkah mereka ke putaran ketiga, sementara Filipina sudah dipastikan gugur dengan status juru kunci Grup F.

Menjelang laga ini, Indonesia diunggulkan karena memiliki catatan dominan ketika menghadapi The Azkals, julukan Timnas Filipina. Dari 25 pertemuan di berbagai ajang, Indonesia mampu mengamankan 20 kemenangan, empat kali bermain imbang, dan Filipina hanya mampu menorehkan satu kemenangan. Statistik ini menunjukkan betapa superior Indonesia setiap kali berhadapan dengan Filipina.

Di masa lalu, kemenangan pertama Filipina atas Indonesia terjadi pada Piala AFF 2014. Saat itu, Kurnia Meiga dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Filipina dengan skor telak 0-4. Meskipun demikian, itu adalah satu-satunya kemenangan Filipina dalam 25 pertemuan tersebut.

Meskipun unggul secara statistik, Indonesia harus tetap waspada. Pada pertemuan terakhir kedua negara di Manila, November tahun lalu, laga berakhir imbang 1-1. Ini menjadi pengingat bahwa Filipina bisa memberikan perlawanan yang signifikan dan tidak boleh dianggap remeh.

ntuk laga kali ini, skuad Garuda berada dalam tekanan untuk meraih kemenangan. Saat ini, Indonesia menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup F dengan tujuh poin dari lima pertandingan, hanya terpaut satu poin atas Vietnam di posisi ketiga. Vietnam akan bertandang ke markas Irak pada laga terakhir, sehingga Indonesia harus memastikan kemenangan agar tidak bergantung pada hasil pertandingan lain.

Pertandingan kali ini menjadi partai hidup dan mati bagi Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong kemungkinan besar akan menurunkan formasi terbaiknya dan memanfaatkan semua pemain yang ada untuk memastikan kemenangan. Kehadiran Jay Idzes dan Calvin Verdonk, yang sebelumnya absen, diharapkan dapat memperkuat lini belakang Indonesia.

Sejarah pertemuan kedua tim memang lebih memihak Indonesia. Berikut adalah 10 pertemuan terakhir antara Indonesia dan Filipina di berbagai ajang:

(23/11/2002) Indonesia 13 – 1 Filipina (Piala AFF)

(16/11/2010) Indonesia 1 – 0 Filipina (Piala AFF)

(19/12/2010) Indonesia 1 – 0 Filipina (Piala AFF)

(05/06/2012) Filipina 2 – 2 Indonesia (Laga Persahabatan)

(14/08/2013) Indonesia 2 – 0 Filipina (Laga Persahabatan)

(25/11/2014) Filipina 4 – 0 Indonesia (Piala AFF)

(22/11/2016) Indonesia 2 – 2 Filipina (Piala AFF)

(25/11/2018) Indonesia 0 – 0 Filipina (Piala AFF)

(02/01/2023) Filipina 1 – 2 Indonesia (Piala AFF)

(21/11/2023) Filipina 1 – 1 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia 2026)

Dalam pertemuan-pertemuan tersebut, Indonesia menunjukkan performa yang cukup konsisten dengan lebih banyak kemenangan. Pertandingan paling mencolok adalah kemenangan 13-1 Indonesia atas Filipina pada Piala AFF 2002. Sementara itu, hasil imbang 1-1 pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Manila tahun lalu menjadi bukti bahwa Filipina mampu memberikan perlawanan sengit.

Skuad Garuda tentu berharap bisa mengulangi dominasi tersebut di laga kali ini. Dukungan penuh dari para suporter di Stadion Gelora Bung Karno diharapkan bisa menjadi tambahan semangat bagi para pemain.

Selain itu, Shin Tae-yong juga harus memastikan strategi yang tepat dan penempatan pemain yang efektif agar Indonesia bisa meraih kemenangan.

Pertandingan melawan Filipina ini bukan hanya soal tiga poin, tetapi juga tentang kebanggaan dan prestasi di level internasional. Kemenangan akan membawa Indonesia semakin dekat dengan mimpi tampil di Piala Dunia 2026. Oleh karena itu, semua pemain diharapkan bisa tampil maksimal dan menunjukkan performa terbaiknya.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia, diharapkan skuad Garuda bisa meraih kemenangan dan melanjutkan perjuangan mereka di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pertandingan ini adalah kesempatan emas bagi Indonesia untuk menunjukkan kekuatan dan kemampuan mereka di kancah internasional.

Mari kita saksikan dan dukung perjuangan Timnas Indonesia dalam pertandingan penting ini. Semoga skuad Garuda bisa meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di pentas sepak bola dunia. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini