Ini Pembagian Grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 Konfederasi Asia, Indonesia Harus Main dari Babak Pertama

0
56
Logo resmi piala dunia 2026.
Logo resmi piala dunia 2026.

batampos – Konfederasi Asia (AFC) baru saja resmi mengumumkan pembagian grup kualifikasi Piala Dunia 2026. Proses undian ini diselenggarakan di AFC House Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (27/7) siang.

Proses pengundian awal yang ditayangkan juga melalui streaming resmi AFC di kanal YouTube ini dimulai dengan undian kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran babak pertama. Terdapat sebanyak 20 tim nasional Asia (AFC) yang akan turut serta mengikuti putaran babak pertama ini.

Baca Juga: Pemain Baru Cetak Gol, Manchester United Dilumpuhkan Real Madrid

Mereka akan terbagi ke dalam 10 pasangan, negara yang diambil berdasarkan dari peringkat terendah FIFA lingkup Asia (AFC) per tanggal 20 Juli 2023. Sistem permainan yang akan dimainkan yakni satu pertandingan kandang dan pertandingan tandang yang dimulai pada 12-17 Oktober 2023.

Berikut hasil undian putaran babak pertama.

Pasangan 1: Afghanistan vs Mongolia

Pasangan 2: Maladewa vs Bangladesh

Pasangan 3: Singapura vs Guam

Pasangan 4: Yaman vs Sri Lanka

Pasangan 5: Myanmar vs Makau

Pasangan 6: Kamboja vs Pakistan

Pasangan 7: Tiongkok Taipei vs Timor Leste

Pasangan 8: Indonesia vs Brunei Darussalam

Pasangan 9: Hong Kong vs Bhutan

Pasangan 10: Nepal vs Laos

Setelah pertandingan usai, 10 tim nasional yang menang pada babak putaran pertama kualifikasi, berhak melanjutkan ke putaran kedua untuk bergabung dengan 26 tim dari pot 1, pot 2, dan pot 3 yang telah diundi setelahnya pada saat hari undian yang telah usai pada Kamis (27/7) siang.

Berikut adalah hasil undian untuk putaran babak kedua.

Grup A: Qatar, India, Kuwait, Afghanistan vs Mongolia

Grup B: Jepang, Syria, Korea Utara, Myanmar vs Makau

Grup C: Korea Selatan, Tiongkok, Thailand, Singapura vs Guam

Grup D: Oman, Kirgizstan, Malaysia, Tiongkok Taipei vs Timor Leste

Grup E: Iran, Uzbekistan, Turkmenistan, Hong Kong vs Bhutan

Grup F: Irak, Vietnam, Filipina, Indonesia vs Brunei Darussalam

Grup G: Arab Saudi, Yordania, Tajikistan, Kamboja vs Pakistan

Grup H: Uni Emirat Arab, Bahrain, Yaman vs Sri Lanka, Nepal vs Laos

Grup I: Australia, Palestina, Lebanon, Maladewa vs Bangladesh

Kualifikasi putaran babak kedua sendiri akan berlangsung pada mulai 16 November 2023 hingga 11 Juni 2024. Kesembilan pemenang grup dan masing-masing runner-up akan berhak melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, sekaligus mengamankan tempat untuk Piala Asia 2027 Arab Saudi.

Undian untuk putaran ketiga atau babak kualifikasi selanjutnya akan dilakukan pada 2024, di mana 18 tim akan dibagi lagi menjadi tiga grup yang terdiri dari enam tim. Dua teratas runner-up terbaik dari setiap grup berhak lolos langsung ke Piala Dunia 2026.

Baca juga: Alex Rins Menggantikan Posisi Morbidelli di Yamaha

Dua peserta langsung lolos ke AFC lainnya akan ditentukan pada babak keempat kualifikasi Piala Dunia, dengan kemungkinan satu tempat yang tersedia melalui babak play-off antar konfederasi. Sebanyak 18 tim lainnya dari babak kedua akan langsung melanjutkan babak ketiga dan final kualifikasi Piala Asia.

Yang menarik, Timnas Mariana Utara yang merupakan salah satu anggota AFC tidak ikut terlibat dalam kualifikasi dan tidak berhak mengikuti Piala Dunia 2026, namun berhak mengikuti kualifikasi Piala Asia 2027 Arab Saudi.

Negara Kepulauan Pasifik tersebut dapat tampil di AFC Asian Cup masuk ke babak play-off kualifikasi, yang mana timnas tersebut dapat bergabung dengan tim-tim yang kalah dari kualifikasi putaran babak pertama (gabungan awal) untuk selanjutnya memperebutkan tempat di babak final kualifikasi Piala Asia 2027. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini