Selasa, 31 Januari 2023

Hasil Piala Dunia: Spanyol Tak Pernah Kalah dari Jerman Selama 34 Tahun

Berita Terkait

Striker Spanyol Alvaro Morata merayakan gol yang dia cetak ke gawang Jerman pada laga Grup E Piala Dunia Qatar 2022. (Javier Soriano/AFP )

batampos – Gol telat Niclas Fullkrug menyelamatkan timnas Jerman dari kekalahan atas Spanyol. Jerman bermain imbang 1-1 lawan Spanyol dalam pertandingan kedua Grup E Piala Dunia Qatar 2022 di Al Bayt Stadium, Al Khor pada Senin dini hari WIB.

Spanyol unggul terlebih dahulu lewat gol Alvaro Morata di babak kedua, Jerman baru bisa menyamakan kedudukan berkat gol Fullkrug pada menit ke-83.

Hasil ini membuktikan bahwa Spanyol lawan yang sulit bagi Jerman di sebuah turnamen (bukan laga persahabatan). Sejak 1988 atau selama 34 tahun terakhir Spanyol dan Jerman berduel lima kali dalam sebuah turnamen. Spanyol meraih tiga kemenangan dan dua hasil imbang.

Baca Juga: Ini Kunci Kemenangan Maroko atas Belgia dengan Skor 2-0

Hasil ini juga menjaga asa Jerman lolos ke babak 16 besar setelah meraih satu poin. Sementara itu Spanyol masih berada di puncak klasemen dengan empat poin. La Furia Roja hanya unggul satu angka dari Jepang dan Kosta Rika.

Kans kedua tim lolos masih terbuka lebar di laga terakhir. Kedua tim sama-sama mengusung misi wajib menang.

Kedua tim memulai laga dengan coba menerapkan permainan bola-bola pendek dalam menyerang.

Spanyol lebih mendominasi penguasaan bola dan menciptakan peluang pertama dalam pertandingan ini pada menit ke-7. Permainan umpan pendek di sisi kiri diakhiri dengan tendangan luar kotak penalti Dani Olmo di luar kotak penalti, tetapi sayangnya bola masih bisa ditepis Manuel Neuer sebelum menghantam tiang gawang.

Baca Juga: Jebol Gawang Jepang, Kosta Rika Menjaga Peluang di Piala Dunia 2022

Upaya Jerman untuk gantian menguasai bola dipersulit oleh permainan tekanan Spanyol yang agresif. Jerman langsung mengubah permainan mereka dan lebih mengandalkan serangan balik cepat.

Peluang pertama Jerman tercipta justru dari kesalahan umpan kiper Spanyol, Unai Simon. Bola buangan dari Simon, malah jatuh ke kaki Serge Gnabry di ujung kotak penalti. Gnabry sempat melewati satu pemain dulu sebelum melepas tembakan mendatar yang masih menyamping.

Spanyol yang mendominasi penguasaan bola hingga 66 persen, gagal menciptakan peluang-peluang berbahaya lagi.

Jerman kemudian menebar ancaman pada menit ke-40. Berawal dari situasi tendangan bebas, Antonio Rudiger sukses menyundul bola dan masuk ke gawang Spanyol, tetapi gol itu dianulir wasit karena berbau offside.

Sampai babak pertama selesai, tidak gol yang diciptakan oleh kedua tim. Skor masih imbang 0-0.

Selepas istirahat, Spanyol tetap mendominasi penguasaan bola dan Jerman masih harus bermain mengandalkan serangan balik.

Pada menit ke-54, Jerman mendapatkan peluang. Simon kembali melakukan kesalahan setelah umpannya yang dimanfaatkan Joshua Kimmich lewat tendangannya di ujung kotak penalti. Sayangnya Simon bisa memperbaiki kesalahannya dengan menepis tendangan tersebut.

Baca Juga: Disharmoni di Tim Belgia Jelang Laga Lawan Maroko

Serangan Spanyol akhirnya berbuah gol pada menit ke-62. Bola diarahkan ke sebelah kiri tempat Alba melakukan overlap. Dia kemudian melepaskan umpan silang datar ke kotak penalti sebelum disambar Alvaro Morata yang menjadi gol. Kedudukan menjadi 1-0.

Gol tersebut membuat Spanyol bermain percaya diri. Mereka hampir menambah keunggulan pada menit ke-66. Kali ini Gavi melakukan dummy run saat menerima umpan silang datar Alba. Bola kemudian diterima Asensio sebelum dia melepaskan tendangan, tetapi usahanya tersebut masih melambung.

Jerman akhirnya punya peluang terbaik pada menit ke-74. Jamal Musiala berlari sendirian di sisi kanan. Ia masuk ke kotak penalti dan melakukan tendangan, yang masih bisa dihalau Simon.

Der Panzer akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-83. Berawal dari gerakan Musiala, Fullkrug menerima bola di dalam kotak penalti dan melepas tendangan keras ke pojok atas gawang Spanyol dan mengubah skor menjadi 1-1.

Setelah gol tersebut, pertandingan menjadi semakin terbuka dengan kedua tim melancarkan sejumlah serangan. Namun, tidak ada gol tambahan hingga pertandingan berakhir. Laga Jerman vs Spanyol berakhir imbang 1-1. (*)

 

 

 

 

Reporter: Antara

 

 

Update