Sabtu, 3 Desember 2022

Ganda Campuran Nomor 1 Indonesia Nyaris Telan Pil Pahit

Berita Terkait

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lolos ke babak kedua Hylo Open 2022. (Haritsah Almudatsir/Jawa Pos)

batampos – Ganda campuran nomor satu pelatnas PP PBSI Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari nyaris saja menelan pil pahit pada babak pertama Hylo Open 2022.

Berlaga di Saarlandhalle, Saarbrucken, Jerman, Selasa (1/11), Rinov/Pitha harus susah payah mengandaskan ganda tuan rumah Jones Ralfy Jansen/Linda Efler. Unggulan ketujuh tersebut menang dalam rubber game dengan skor 18-21, 21-13, dan 21-19.

Laga intens tersebut selesai dalam tempo 58 menit.

“Yang pasti, kami bersyukur bisa menang hari ini. Pertandingan hari ini juga tidak mudah dan harus melalui pertandingan sengit. Skornya juga ketat di game ketiga,” ucap Rinov dikutip dari siaran pers PP PBSI.

Baca Juga: Juara All England dari Indonesia Kandas Lagi di Babak 1

Pada game pertama, Rinov/Pitha gagal mengantisipasi agresifitas Jansen/Efler. Dalam situasi sama kuat 16-16, Rinov/Pitha kehilangan tiga angka beruntun dan langsung tertinggal 16-19. Setelah itu, Jansen/Efler tanpa kesulitan menutup game pertama dalam kedudukan 21-18.

Di game kedua, Rinov/Pitha mampu mengendalikan total permainan. Sejak awal sampai akhir, mereka tidak pernah sekalipun tersusul dalam perolehan angka. Rinov/Pitha memimpin 7-3, 13-6, dan akhirnya menutup game kedua dengan skor nyaman 21-13.

Pada game ketiga, pertandingan berlangsung sengit. Awalnya, Rinov/Pitha berada dalam posisi yang tidak menguntungkan. Mereka tertinggal cukup jauh dalam posisi 10-14.

Untung saja, Rinov/Pitha tidak menyerah. Mereka terus menyusul dan bahkan berbalik unggul dalam situasi 19-18. Saat skor sama kuat 19-19, Rinov/Pitha mencetak dua angka beruntun dan memenangkan pertandingan dengan skor 21-19.

Baca Juga: Bungkam Thailand 2-1, Timnas Basket Indonesia Juara

“Yang sedikit membuat kami kurang bisa bermain baik, ini mungkin disebabkan faktor shuttlecock-nya. Jenis shuttlecock yang digunakan di turnamen Hylo Open ini terus terang cukup susah dikendalikan. Ini membuat penampilan kami belum bisa maksimal seperti yang kami harapkan,” ucap Rinov.

Pada babak 16 besar, Rinov/Pitha akan berhadapan dengan ganda Prancis Luca Corvee/Sharone Bauer. Mereka mendapatkan tiket gratis ke babak kedua karena calon lawan dari Hongkong Reginald Lee Chun Hei/Ng Tsz Yau mengundurkan diri.

“Untuk menghadapi pertandingan di babak kedua besok, kami harus lebih siap lagi. Baik fokus, maupun stamina, dan strategi permainannya. Selain itu kami juga harus menjaga kondisi,” ucap Rinov. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update