Sabtu, 1 Oktober 2022

Evaluasi Ganda Campuran Indonesia Usai Kejuaraan di Jepang

Berita Terkait

Batam Juara Umum Kejurprov PBSI Kepri

Guangzhou jadi Tuan Rumah World Tour Finals 2022

Nagelsmann Diminta Tepikan Gaya yang Fashionable

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari saat berlaga di babak semifinal Korea Open 2022. (Humas PP PBSI)

batampos – Hasil ganda campuran pelatnas dalam dua kejuaraan di Jepang menunjukkan bahwa level permainan belum tembus di level elite. Dalam dua ajang, ganda campuran Merah Putih tidak mampu untuk sekadar menembus babak perempat final.

Pada Kejuaraan Dunia di Tokyo (21–28 Agustus), hasil terbaik diraih Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang menapak babak 16 besar. Langkah mereka terhenti oleh wakil Tiongkok Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping 16-21, 14-21.

Pasangan lainnya, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, juga takluk dari ganda Korea Selatan Seo Seung-jae/Chae Yu-jung 21-23, 12-21 di babak 16 besar.

Lalu, dalam Japan Open di Osaka (30 Agustus–4 September), prestasi terbaik ganda campuran dicapai Rinov/Pitha. Namun, mereka kembali menelan kekalahan dari ganda Tiongkok Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping 13-21, 18-21 di babak 16 besar.

Pelatih ganda campuran pelatnas Nova Widianto menyatakan, pasangan Tiongkok paling sulit dihadapi pasukannya sejauh ini. Itulah yang harus menjadi bahan evaluasi pemain agar ke depan bisa mengimbangi wakil dari Negeri Panda.

Selain itu, mantan duet Liliyana Natsir tersebut menyampaikan bahwa tahun ini menjadi masa transisi bagi pemain. Nova tidak memungkiri, tidak adanya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di pelatnas membuat para pemain di sektor ini tidak memiliki panutan.

Apalagi, usia para pemain terbilang muda. Pemain paling senior diisi Rinov/Pitha yang merupakan pemain kelahiran 1999.

Karena itu, Nova membutuhkan proses bagi para pemainnya. ”Tahun ini rasanya berat. Tapi, dari saya, target (juara) pada tahun depan di super series,” ujar Nova.

Salah seorang pemain ganda campuran pelatnas, Rinov, tidak ingin ambil pusing perihal kritikan yang selalu mengalir terhadapnya dan sektor ganda campuran.

Sejalan dengan Nova, dia ingin terus memfokuskan diri untuk lebih baik. ”Saya berharap bisa mencapai prestasi terbaik pada tahun depan,” tutur Rinov.

Hasil Wakil Ganda Campuran di Jepang

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
-Kejuaraan Dunia 2022: 16 besar
– Japan Open 2022: 16 besar

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
– Kejuaraan Dunia 2022: 16 besar
– Japan Open 2022: 32 besar

Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela
– Kejuaraan Dunia 2022: 32 besar

 

 

Reporter: JPGroup

Update