Kamis, 23 Maret 2023

Doncic Samai Rekor LeBron

Berita Terkait

 

batampos – Bintang Dallas Mavericks Luka Doncic tampil superior setelah absen satu laga karena cedera engkel. Pebasket asal Slovenia itu mencetak 53 poin dan membantu Mavericks meraih kemenangan 111-105 atas Detroit Pistons di American Airlines Center, Selasa (31/1/2023). Capaian itu adalah catatan 50 poin lebih keempat yang dicapai Doncic musim ini atau kelima sepanjang dia berkarir di NBA.

Luka Doncic (kiri)

Menurut data yang dihimpun ESPN, Doncic kini menyamai rekor bintang NBA LeBron James yang mampu mencetak lima kali 50 poin atau lebih di lima musim pertama NBA. Doncic dan LeBron berada di bawah Michael Jordan yang mencatat rekor 17 kali 50 poin atau lebih di lima tahun pertama berkarir di NBA.

Doncic bermain cukup efektif dalam laga itu. Pemain no 77 itu memasukkan 17 kali tembakan dari 24 percobaan. Swingman 23 tahun itu juga memaksimalkan 14 dari 18 kali percobaan tembakan bebas. Sebuah performa yang cukup apik setelah pekan lalu dia hanya bermain 3 menit 21 detik lawan Phoenix Suns karena cedera.

”Jelas, kondisi saya sebenarnya belum 100 persen, tapi masih cukup baik,” kata Doncic dilansir dari ESPN. ”Dan kami mendapat hasil yang baik,” lanjut Doncic.

Doncic sebenarnya sempat mendapat penjagaan double team dari Pistons. Namun, di babak kedua pelatih Mavericks, Jason Kidd melakukan perubahan strategi dengan bermain lebih cepat. Doncic pun sempat diistirahatkan selama enam menit awal kuarter ketiga.

”Dia (Doncic, red) sangat tidak egois,” kata Kidd soal strategi menarik keluar Doncic.

Nah, ketika posisi unggul, Doncic kembali masuk. Pemain yang mengawali karir di Real Madrid itu mencetak 8 poin di empat menit terakhir pertandingan. ”Kadang kami harus menerima ketika mereka melakukan doubling,” kata Doncic. ”Karena jika saya tetap diam, mereka tetap akan menjaga saya. Tapi sebelum mereka bergerak, kami menyerang ke area paint terus menerus,” imbuhnya.

Capaian 53 poin Doncic menjadi catatan 50 poin atau lebih ke-19 di NBA musim ini. (ka/dra/*)

Update