Selasa, 27 Februari 2024

Digelar 3 Negara, New York Jadi Tuan Rumah Final Piala Dunia FIFA 2026

Berita Terkait

Presiden FIFA Gianni Infantino (Istimewa)

batampos – FIFA telah mengumumkan bahwa New York-New Jersey sebagai tempat di selenggarakanya Final Piala Dunia FIFA 2026 yang digelar di Stadion MetLife pada 19 Juli.

New York terpilih setelah bersaing dengan mengalahkan beberapa kota lain seperti Dallas dan juga Los Angeles. Letak yang strategis dengan transportasi yang memadai yang mampu memudahkan penonton menjadi alasan terpilihnya kota tersebut.

Dikutip melalui AFP, keputusan pengumuman tersebut diumumkan pada siaran televisi langsung di Amerika Utara, Minggu (4/2), yang menampilkan presiden FIFA Gianni Infantino bersama komedian dan aktor Kevin Hart, Rapper Drake dan juga selebrasi Kim Kadarshian.

Stadion MetLife yang akan menjadi tempat dilaksanakanya Final Piala Dunia itu memiliki kapasitas 82.500 penonton, yang merupakan markas dari tim American Football New York Giant dan New York Jets.

Sebelumnya Amerika Serikat juga sudah pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia yaitu di tahun 1994 yang kala itu finalnya berlangsung di Rose Bowl di Pasadena, dekat Los Angeles.

Laga Piala Dunia 2026 itu akan menjadi sejarah baru karena diselenggarakan di 3 negara yang berbeda yaitu AS, Kanada dan juga Meksiko.

Sebanyak 16 kota di tiga negara akan menjadi tuan rumah dan saksi digelarnya pesta Sepak Bola terbesar di Dunia itu dengan Sebagian besar pertandingan diadakan di AS.

Laga pembukanya akan dilaksanakan di Stadion Azteca, Mexico City pada 11 Juni. Sekaligus akan mencatatkan Azteca sebagai Stadion pertama kali yang menyelenggarakan tiga edisi Piala Dunia berbeda yaitu sebelumnya ditahun 1970 dan 1986.

Atlanta dan Dallas akan menjadi tuan rumah semifinal, pertandingan perebutan tempat ketiga akan dimainkan di Miami, sedangkan Perempat Final akan berlangsung di Los Angeles, Kansa City, Miami dan Boston.

Pada babak 16 besar diadakan pada 4 Juli di Philadelphia AS dan babak penyisian grup di AS akan dilaksanakan di Los Angeles pada 12 Juni dan juga akan bermain di Seattle.

Sementara itu, Toronto dipilih sebagai tuan rumah pertandingan pertama untuk tim Kanada bersama dengan Vancouver yang juga menjadi tuan rumah.

Adapun daftar 16 kota yang akan digunakan sebagai tempat diselenggarakanya pertandingan Piala Dunia 2026 : Atlanta, Boston, Dallas, Guadalajara, Houston, Kansas City, Los Angeles, Mexico City, Miami, Monterrey, New York-New Jersey, Philadelphia, San Fransisco Bay Area, Seattle, Toronto dan Vancouver.

Tak hanya itu, Piala Dunia 2026 juga nantinya akan menggusung format baru Dimana akan diikuti oleh 48 negara yang sebelumnya hanya diikuti oleh 32 negara yang berarti akan ada 24 pertandingan tambahan dengan total 104 pertandingan yang dimainkan.

Turnamen ini akan terdiri dari 12 grup yang terdiri dari empat tim negara dan dua tim teratas akan langsung lolos bersama difase gugur dan delapan tim lainnya akan dipilih dari peringkat tiga terbaik. (*)

 

SourceJPGroup

Update