Rabu, 24 Juli 2024

Cukur Yordania 4-1, Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Berita Terkait

Aksi Marselino Ferdinan bersama Timnas Indonesia U-23 benar-benar tampil prima dengan cetak dua gol ke gawang Yordania U-23. (PSSI)

batampos – Kemenangan gemilang diraih Timnas Indonesia U-23 atas Yordania U-23 pada matchday ketiga babak fase Grup A Piala Asia U-23 2024. Kemenangan 4-1 telah menorehkan sejarah baru bagi sepak bola Indonesia.

Dengan kemenangan telak tersebut, skuad Garuda Muda memastikan satu tempat di babak perempat final (menyusul Qatar), sekaligus menyemarakkan harapan para penggemar sepak bola Tanah Air.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Minggu (21/4), menyuguhkan pertarungan sengit antara Timnas Indonesia dan Yordania.

Sejak menit awal, Timnas Indonesia U-23 tampil lebih dominan dan menguasai jalannya pertandingan. Peluang demi peluang tercipta bagi Garuda Muda, dengan beberapa di antaranya membawa dampak yang signifikan.

Kemenangan Timnas Indonesia U-23 tidak lepas dari kontribusi gemilang beberapa pemain kunci, di antaranya Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman.

Marselino mencatatkan namanya di papan skor dua kali, pertama melalui tendangan penalti yang sukses menggetarkan jala lawan pada menit ke-23, dan kedua melalui gol yang dihasilkan pada menit ke-71.

Sedangkan Witan Sulaeman turut menyumbangkan gol indahnya pada menit ke-41, memberikan keunggulan yang tak terkejar bagi Timnas Indonesia.

Meskipun Yordania mencoba membalas dengan gol yang diciptakan melalui gol bunuh diri Justin Hubner pada menit ke-79, tapi Garuda Muda kembali menambah pundi gol lewat Komang Teguh pada menit ke-85.

Hasil itu tak menggoyahkan dominasi Timnas Indonesia U-23 di laga tersebut. Pertahanan yang solid dan serangan yang tajam membuat Timnas Indonesia U-23 berhasil mempertahankan keunggulan hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Keberhasilan Timnas Indonesia melaju ke babak perempat final juga membawa pertanyaan besar mengenai calon lawan yang akan dihadapi. Dua negara kuat dari Asia Timur, Korea Selatan dan Jepang, bakal menjadi calon lawan yang berpotensi bagi Timnas Indonesia.

Dua negara tersebut sudah memastikan diri sebagai dua teratas di Grup B Piala Asia U-23 2024, dengan mencatatkan dua kemenangan impresif.

Ketika Korea dan Jepang bersiap untuk menentukan posisi mereka melalui pertandingan yang akan berlangsung, Timnas Indonesia U-23 telah menegaskan posisinya di perempat final. Dan, meskipun pelatih Shin Tae-yong lebih memilih untuk menghadapi Jepang daripada Korea Selatan, pertarungan yang menanti Timnas Indonesia tetap menjadi ujian yang besar.

“Ini pertanyaan yang sangat sulit, tentu saja saya tidak bisa membuat keputusan siapa yang jadi lawan Korea atau Jepang. Namun, saya lebih memilih Jepang, itu bagus buat kami melawan Jepang dibandingkan melawan Korea,” ucap pelatih asal Negeri Ginseng tersebut.

Kemenangan ini bukan hanya pencapaian bagi Timnas Indonesia, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi sepak bola muda Tanah Air. Semoga prestasi gemilang ini dapat terus diperjuangkan dan menjadi langkah awal bagi kesuksesan yang lebih besar di panggung internasional. (*)

SourceJPGroup

Update