Atlet Panjat Tebing Indonesia Raih Emas dan Pecahkan Rekor Dunia di Korea

0
46
Ketua FPTI Yenny Wahid bersama Menpora Dito Ariotedjo sambut atlet yang telah berlaga pada kejuaraan dunia panjat tebing di Korea Selatan. (Istimewa)
Ketua FPTI Yenny Wahid bersama Menpora Dito Ariotedjo sambut atlet yang telah berlaga pada kejuaraan dunia panjat tebing di Korea Selatan. (Istimewa)

batampos – Atlet nasional Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) merebut satu medali emas dan satu medali perunggu di ajang IFSC Climbing World Cup 2023, Seoul, Korea Selatan. Emas dipersembahkan Veddriq Leonardo pada nomor speed putra, sedangkan perunggu diberikan Desak Made Rita Kusuma Dewi pada nomor speed putri.

Veddriq Leonardo meraih medali emas sekaligus mempertajam rekor dunia nomor speed putra pada piala dunia kali ini. Pemanjat tebing berusia 26 itu, keluar sebagai pemenang setelah di final perebutan medali emas mencatatkan waktu 5,01 detik. Veddriq mengalahkan atlet asal Tiongkok, Jinbao Long yang mencatatkan waktu 5,12 detik.

Dalam gelaran itu, FPTI menurunkan sembilan atlet yang terdiri atas enam pemanjat putra dan tiga putri. Ajang itu berlangsung sejak 28 hingga 30 April.

Puas dengan raihan positif atlet binaannya, Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Yenni Wahid selaku Ketua Umum FPTI, menyambut kedatangan para atlet di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (1/5).

Baca Juga: Indonesia Kembali Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Panjat Tebing 2023

”Alhamdulillah hari ini kita menyambut atlet panjat tebing Indonesia yang memecahkan rekor dunia dan meraih medali emas dalam Piala Dunia Panjat Tebing di Seoul, Korea Selatan,” kata Yenny Wahid saat menyambut kedatangan atlet.

Yenny mengatakan, prestasi konsisten atlet panjat tebing Indonesia dalam turnamen dunia tak lepas dari strategi yang diterapkan FPTI dalam membina para atlet. Terutama soal bagaimana atlet dijaga untuk selalu fokus dalam latihan dan perbaikan skill agar bisa meraih prestasi tertinggi dalam tiap perlombaan.

”Jadi dari federasi, kita coba memfasilitasi para atlet agar mereka bisa berlatih maksimal, sambil juga menyiapkan prasarana yang dibutuhkan para atlet,” jelas Yenny.

Selain Yenny, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo juga ikut menyambut kedatangan atlet di bandara. Dia bangga dan puas atas raihan atlet nasional panjat tebing di Korea Selatan.

Baca Juga: Lepas 599 Atlet ke SEA Games 2023, Jokowi Minta Indonesia Naik Peringkat

”Alhamdulillah, kita menjemput para atlet potensial peraih medali emas Olimpiade 2024,” kata Menpora Dito.

Menurut Dito, secara statistik, seharusnya atlet Indonesia mampu berbicara banyak pada event Olimpiade 2024. Menpora mengucapkan terima kasih kepada para atlet yang sudah berlaga dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Dan kepada FPTI yang sudah memberikan pendampingan dan pembekalan kepada para atlet.

Menurut dia, apa yang sudah dilakukan FPTI dalam membina atlet lewat pelatihan fisik yang dikolaborasikan dengan sport science bisa menjadi contoh untuk cabang olahraga lain dalam pembinaan atlet Indonesia pada masa depan.

”Ini akan kita coba dorong juga untuk cabang olahraga lain agar atlet harus dibina secara holistik, selain fisik, psikologis, dan sport science, harus dibina juga,” ucap Dito.

Sementara itu, Yenny Wahid menyampaikan, setelah seri di Seoul, Korea Selatan, seri Piala Dunia Panjat Tebing 2023 akan dilaksanakan di Indonesia. Tepatnya di areal Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Baca Juga: Menang Tipis 1-0, Barcelona Kian Dekat Juara Liga Spanyol

Perhelatan piala dunia tersebut rencananya digelar pada pekan ini, yakni pada Sabtu dan Minggu (5-6/5).

”Pada seri di Jakarta, yang akan dilombakan adalah kategori speed putra dan putri. Piala Dunia akan digelar weekend ini. Bagi masyarakat yang ingin melihat langsung silakan datang ke GBK. Beri dukungan kepada atlet kita,” ucap Yenny.

Selain mengajak masyarakat untuk hadir dan meramaikan seri Piala Dunia Panjat Tebing di Jakarta, Yenny juga mengimbau agar masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 dan menggunakan sarana transportasi umum untuk menuju ke GBK demi kelancaran dan keamanan masyarakat. (*)

 

 

Reporter: JPgroup

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini