Kamis, 27 Januari 2022

Amankan Tiga Poin, Manchester City Kian Kukuh di Puncak Klasemen

Berita Terkait

Gelandang serang Manchester City Phil Foden (kanan) melakukan selebrasi bersama Kevin De Bruyne seusai mencetak gol ke gawang Brentford dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Brentford Community, London, Inggris, Rabu (29/12) waktu setempat. (Peter Cziborra/Action Images/Reuters/Antara)

batampos – Manchester City mengamankan tiga poin penuh dari markas Brentford seusai mengalahkan tuan rumah 1-0 dalam laga pekan ke-20 Liga Inggris di Stadion Brentford Community, London, Rabu (29/12) waktu setempat (Kamis WIB).

Kemenangan yang disokong gol semata yang Phil Foden itu membuat City kian kukuh mencengkeram posisi puncak klasemen dengan koleksi 50 poin. City unggul delapan poin atas pesaing terdekat Chelsea.

Sedangkan Brentford yang menelan dua kekalahan beruntun tak beranjak dari urutan ke-14 dengan koleksi 20 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris seperti dilansir dari Antara.

Lini belakang City sempat mengawali laga dengan permainan yang lengah dan memaksa kiper Ederson Moraes melakukan dua penyelamatan apik demi mementahkan percobaan-percobaan dari Yoane Wissa. Penyerang Brentford itu terus menjadi ancaman utama City dan bola sepakannya nyaris membawa Brentford unggul pada menit ke-15. Tapi beruntung Joao Cancelo mampu melakukan sundulan halauan tepat di garis gawang.

Nahas bagi tuan rumah setelah beberapa peluang yang terbuang itu, semenit berselang City justru membuka keunggulan berkat umpan akurat Kevin De Bruyne yang tinggal diselesaikan mudah oleh Foden di muka gawang. Wasit David Coote sempat berkonsultasi nyaris tiga menit lamanya dengan VAR untuk memastikan Foden tidak terjebak offside sebelum akhirnya mengesahkan gol City tersebut.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum di tengah dominasi nyaris 71 persen penguasaan bola yang dimiliki oleh City sepanjang babak pertama. Lima menit memasuki babak kedua, Foden kembali mengoyak gawang Brentford dengan sundulannya memanfaatkan umpan silang Gabriel Jesus. Tapi kali ini, gol itu dianulir karena hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Lantas ppada menit ke-65 peluang City lainnya untuk menggandakan keunggulan melalui tembakan De Bruyne yang sudah tak terjangkau kiper Alvaro Fernandez berakhir menghantam tiang gawang. Tiga menit jelang bubaran waktu normal, City kembali mendapati gol mereka yang dicetak Aymeric Laporte dianulir sebab dia bergerak terlalu cepat untuk menyambut umpan tendangan bebas De Bruyne dan terjebak offside.

City masih terus menekan dan satu peluang lagi yang diciptakan Jesus berakhir dimentahkan Fernandez dan skor 1-0 bertahan hingga bubaran. Skor 1-0 itu memang berita baik bagi City, tetapi tim besutan Pep Guardiola tersebut membuang kesempatan untuk memecahkan rekor gol kasta tertinggi Inggris dalam setahun. City menutup 2021 dengan 113 gol, satu gol lebih sedikit dari Tottenham Hotspur yang mencatatkan 114 gol pada 1960.

City akan terlibat dalam laga pembuka tahun 2022 dengan bertandang ke Emirates menghadapi Arsenal pada Sabtu (1/1), diikuti Brentford menjamu Aston Villa sehari berselang. (*)

Reporter: Antara

Update