Aldila Sutjiadi Raih Gelar WTA Cleveland Bersama Miyu Kato

0
69
Aldila Sutjiadi (kanan) bersama Miyu Kato saat mendapatkan trofi WTA Cleveland. (Antara)
Aldila Sutjiadi (kanan) bersama Miyu Kato saat mendapatkan trofi WTA Cleveland. (Antara)

batampos – Petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi, berhasil menjuarai ganda Tennis in The Land di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Sabtu (26/8) waktu setempat atau Minggu (27/8) pagi. Itu merupakan gelar WTA ketiga baginya tahun ini.

Aldila yang berpasangan dengan petenis Jepang Miyu Kato mengalahkan unggulan kedua Nichole Melichar-Martinez (AS)/Ellen Perez (Australia) dengan 6-4, 6-7(4/7), 10-8 pada babak final.

Bagi Aldila, kemenangan tersebut merupakan gelar ketiga di turnamen level WTA 250 tahun ini setelah mengalahkan lawan yang sama dalam ATX Open di Austin, Texas, AS, Maret.

Baca juga: Apriyani/Siti Fadila Sampai ke Final Kejuaraan Dunia, Lawan Unggulan Pertama

Saat itu, Aldila berpasangan dengan petenis Selandia Baru Erin Routliffe yang dia kalahkan pada babak semifinal WTA Cleveland, Jumat (25/8).

Pada awal Januari, Aldila berhasil meraih gelar pertama musim ini dengan memenangi ganda putri turnamen WTA 250 bertajuk ASB Classic di Auckland, Selandia Baru.

Berpasangan dengan Kato, keduanya mengalahkan Leylah Fernandez (Kanada)/Bethanie Mattek-Sands (AS) pada babak final, sehingga kemenangan WTA Cleveland merupakan gelar kedua bagi Aldila/Kato.

“We are the CHAMPIONS. @miyukato1121 & @dila11 memenangi gelar kedua mereka tahun ini, dengan mengalahkan Melichar-Martinez/Perez 6-4, 6-7(4), 10-8 di Cleveland!,” tulis WTA.

Tahun lalu, Aldila juga memenangi gelar juara level WTA 250 di Bogota, Kolombia, bersama petenis Australia Asthra Sharma pada April 2022. Aldila juga telah mengantongi dua gelar juara WTA 125 yaitu di Colina, Chile, dan Tampico, Meksiko.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Kalah Lewat Adu Penalti, STY Sindir Kepemimpinan Wasit

Aldila memulai musim lapangan keras tahun ini di Mubadala Citi DC Open, Washington, setelah meninggalkan musim lapangan rumput dengan mencatatkan prestasi di Wimbledon.

Petenis berusia 28 tahun itu mencetak sejarah baru bagi tenis Indonesia dengan menembus semifinal ganda campuran Wimbledon bersama petenis Belanda Matwe Middelkoop.

​​​Aldila yang juga bermain bersama Kato di ganda putri Wimbledon, walau terhenti lebih awal pada babak 16 besar. Meski begitu, Aldila/Kato untuk pertama kalinya menempati unggulan ke-13 dalam Grand Slam. Sebelumnya, pada Australian Open dan French Open, keduanya menduduki unggulan ke-16.

Duet Indonesia/Jepang itu memasuki tur lapangan keras Amerika Utara musim ini di ATP/WTA 500 Washington pada akhir Juli, namun harus kandas di babak pembuka.

Duo Aldila/Kato juga mengikuti Canadian Open di Montreal pada awal Agustus, tetapi terjegal di babak 16 besar. Pekan selanjutnya, keduanya mengikuti ATP/WTA 1000 di Cincinnati namun terhenti di perempat final.

Kini, Aldila/Kato tampaknya akan menatap US Open, yang mulai bergulir Senin (28/8). Namun, WTA hingga saat ini belum mengumumkan drawing untuk sektor ganda Grand Slam penutup musim. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini