Minggu, 3 Juli 2022

West Ham Terdepak dari Zona Empat Besar

Berita Terkait

Gelandang serang Arsenal Emile Smith-Rowe merayakan golnya ke gawang West Ham United dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Inggris, Rabu (15/12) waktu setempat. (Andrew Couldridge /Action Images /Reuters/Antara)

batampos – Arsenal mendepak West Ham United dari zona empat besar Liga Inggris setelah menang 2-0. Kedua tim itu bertemu dalam laga pekan ke-17 di Stadion Emirates, London, Rabu (15/12) waktu setempat (Kamis WIB).

Arsenal sudah memimpin melalui gol Gabriel Martinelli ketika mendapatkan keuntungan lewat kartu kuning kedua yang diterima bek sayap West Ham Vladimir Coufal. Situasi timpang sukses dioptimalkan Arsenal yang menggenapi kemenangan mereka melalui gol Emile Smith-Rowe pada menit-menit akhir.

Hasil tersebut merusak atmosfer perayaan pelatih West Ham David Moyes yang mencapai tonggak bersejarah 600 pertandingan sebagai pelatih Liga Premier. Arsenal naik ke peringkat keempat dengan 29 poin, unggul satu poin atas West Ham yang mereka turunkan ke posisi kelima, demikian catatan laman resmi Liga Inggris seperti dilansir dari Antara.

Babak pertama berakhir imbang tanpa gol meskipun Arsenal tampil dominan dan berkesempatan membuka keunggulan satu menit menjelang turun minum. Namun, Martinelli gagal menemui sasaran karena gangguan Craig Dawson saat berusaha menyambar bola muntah di muka gawang.

Baca Juga: Pep Guardiola Ukir Rekor di Liga Premier Inggris

Tiga menit babak kedua berjalan, Martinelli membayar lunas kegagalannya dengan mengejar umpan terobosan Alexandre Lacazette sebelum memperdaya kiper Lukasz Fabianski untuk membuka keunggulan Arsenal. Momentum Arsenal berlanjut pada menit ke-66 ketika mereka memenangkan hadiah tendangan penalti setelah Lacazette dijatuhkan Coufal di dalam kotak terlarang.

Coufal diganjar kartu kuning kedua dan West Ham harus melanjutkan laga dengan sepuluh pemain. Sayang, Lacazette gagal mengkonversi tendangan penalti lantaran arah sepakannya bisa ditebak dan dimentahkan Fabianski.

Namun situasi timpang membuat Arsenal cukup nyaman mengendalikan pertandingan dalam sisa waktu yang ada. Akhirnya Smith-Rowe menggandakan kedudukan 2-0 lewat golnya tiga menit menjelang bubaran waktu normal.

Berawal dari keberhasilan mematahkan serangan West Ham yang dibangun Said Benrahma, Bukayo Saka memimpin Arsenal melancarkan serangan balik. Umpannya yang digiring Smith-Rowe menusuk dari sisi kanan sebelum melepaskan tembakan menyilang yang bersarang ke gawang tim tamu.

Pada pertandingan selanjutnya Sabtu (18/12) pekan ini, Arsenal akan bertandang ke Elland Road menghadapi Leeds United dan West Ham menjamu Norwich City di Stadion Olimpiade London. (*)

Reporter: Antara

Update