Selasa, 31 Januari 2023

Wasit Sahkan Gol Fernandes, Pemain Manchester City Berang

Berita Terkait

Gelandang Manchester United Bruno Fernandes mencetak gol ke gawang Manchester City. (Oli Scarff/AFP)

batampos – Kemenangan 2-1 Manchester United atas Manchester City dalam derbi di Old Trafford (14/1) menyisakan polemik. Gol pertama United pada menit ke-78 yang diciptakan gelandang serang Bruno Fernandes menjadi perdebatan karena striker Marcus Rashford dianggap offside.

Saat gelandang bertahan United Casemiro menyodorkan bola terobosan ke arah pertahanan City, Rashford memang berlari di depan para pemain City. Asisten wasit pun mengangkat bendera. Tapi, Fernandes yang juga berlari mengejar bola dan kemudian mengeksekusinya onside.

Fernandes kemudian mengajukan komplain ke asisten wasit. Sementara Stuart Attwell sebagai wasit utama sepertinya sepakat dengan Fernandes. Tanpa perlu meninjau monitor VAR (video assistant referee), tapi terlihat berdiskusi melalui alat komunikasi, Attwell kemudian mengesahkan gol Fernandes.

Baca juga: Sean Gelael Satu Tim Valentino Rossi, Naik Podium Bareng

Bek tengah City Manuel Akanji terlihat emosional dengan keputusan wasit. ”Ternyata offside hanya lelucon,” ucap Akanji di akhir laga seperti dikutip Manchester Evening News.

”Marcus Rashford tidak offside karena (pertandingan) ini terjadi di Old Trafford,” sahut pelatih City Pep Guardiola.

Sementara itu, Fernandes menilai tidak ada yang salah dalam gol yang diciptakannya. Gol yang menjadi momentum United membalikkan keadaan via gol Rashford empat menit berselang.

City unggul dulu via sundulan winger Jack Grealish (60’). ”Marcus mungkin melihatku di dalam posisi lebih baik. Dia sama sekali tidak memengaruhi pemain belakang. Itulah yang terjadi,” tuturnya kepada MUTV.

Baca Juga: Ikuti Jejak Ayah, Romeo Beckham Terus Dipantau

Pernyataan Fernandes memang benar merujuk pada pasal 11 poin kedua Law of the Games FIFA tentang offside. Yakni, pemain yang berada dalam posisi offside saat bola dimainkan atau disentuh rekan setim hanya akan dihukum jika terlibat aktif dalam permainan dengan dua cara.

Yang pertama adalah mengganggu permainan dengan cara memainkan atau menyentuh bola yang dioper atau disentuh rekan setim. Kedua, mencegah lawan memainkan atau bisa memainkan bola dengan jelas menghalangi penglihatan lawan atau berduel dengan lawan untuk merebut bola.

PGMOL yang bertanggung jawab sebagai pembuat aturan permainan sepak bola juga menegaskannya.

Baca Juga: Menangi Laga Derby, Arsenal Kukuh di Puncak Klasemen

”Tidak ada sentuhan bola, tidak ada dampak kepada bek (yang dilakukan Rashford, Red), dan karena itu tak ada alasan VAR menganggap ada kesalahan dalam situasi tersebut,” klaim PGMOL dalam pernyataannya kepada NBC Sports.

Di akhir laga, keputusan wasit mengesahkan gol Fernandes membuat pemain City seperti Grealish dan bek kanan Kyle Walker kembali melakukan protes hingga memasuki lorong. Pep juga berdiskusi panas dengan bek United Harry Maguire tentang kejadian tersebut.

”Saya datang ke lorong agak terlambat. Saat saya tiba di sana, peristiwa itu (cekcok antara Grealish-Walker dengan Attwell maupun Pep dengan Maguire, Red) sudah hampir berakhir,” beber Akanji. (*)

 

 

 

Reporter: JPGroup

 

Update