Selasa, 24 Mei 2022

Vietnam 3 Indonesia 0

Berita Terkait

batampos– Tim nasional U-23 Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam. Padahal di babak pertama, kedua tim bermain imbang 0-0 pada babak pertama laga Grup A sepak bola putra SEA Games di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5).

Ketiga gol yang menggetarkan gawang Indonesia itu dicetak oleh Nguyen Tien Linh pada menit ke-54, Do Hung Dung (‘74), dan Le Van Do (‘87).


Pesepak bola Timnas Indonesia Ricky Kambuaya (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Binh Nguyen Thanh (kiri) dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). (ANTARA/Aditya Pradana Putra)

Dalam pertandingan tersebut, kedua tim cenderung tampil hati-hati pada 10 menit pertama meski Indonesia, yang menurunkan tiga pemain senior (berumur di atas 23 tahun) yaitu Fachruddin Aryanto, Marc Klok dan Ricky Kambuaya, unggul penguasaan bola.

Akan tetapi, setelah itu, Vietnam pelan-pelan mulai mengambil alih dominasi dan menekan skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong. Pada menit ke-20 Vietnam mengancam melalui pergerakan Ly Chong Hoang Anh dari sisi kanan Indonesia yang dikawal bek Ilham Rio Fahmi. Ly Chong Hoang melewati Rio, tetapi umpannya persis ke depan gawang mampu dihalau Fachruddin Aryanto.

Dua menit kemudian, Indonesia membuat percobaan melalui sepakan Egy Maulana Vikri, tetapi masih melambung di atas gawang lawan. Indonesia bisa saja kebobolan pada menit ke-27 dari tendangan Nguyen Tien Linh andai kiper Muhammad Adi Satryo tidak melakukan penyelamatan gemilang.

Skor seri tanpa gol pun bertahan sampai laga memasuki masa jeda. Tapi, cerita berbeda terjadi pada babak kedua. Setelah restart, timnas Vietnam yang bermain dengan dukungan penuh penonton menggempur habis-habisan pertahanan Garuda Muda.

Sejak wasit meniup peluit tanda babak kedua dimulai, para pemain Vietnam terus melancarkan serangan ke pertahanan Indonesia yang dijaga duet kapten tim Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho Ramadhani.

BACA JUGA: Shin Tae-yong Akui Vietnam Lebih Baik, Tapi Yakin Indonesia Menang

Tak bertahan lama digempur, akhirnya gawang Indonesia yang dikawal Muhammad Adi Satryo bobol juga. Serangan cepat dan kombinasi umpan satu dua dari para pemain Vietnam dituntaskan dengan gol oleh Nguyen Tien Linh saat laga babak kedua berjalan 14 menit. Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong mencoba merespons dengan memasukkan Witan Sulaeman dan Ronaldo Joybera Kwateh untuk meningkatkan intensitas serangan.

Alih-alih mampu menyamakan kedudukan, malah gawang timnas kembali bobol. Kali ini Dong Hung Dung mampu menyarangkan bola ke gawang Indonesia. Malam sempurna Vietnam ditutup dengan satu gol lagi pada menit ke-87 yang dicetak oleh Le Van Do akibat kegagalan Fachruddin mengantisipasi datangnya bola.

Kekalahan itu membuat Indonesia menduduki peringkat ke-4 dari 5 tim di Grup A cabor sepak bola pria SEA Games. Berikutnya, Indonesia akan melawan Timor Leste, penghuni dasar klasemen. Laga itu akan berlangsung pada 10 Mei. (*)

reporter: jpgrup

Update