Sabtu, 3 Desember 2022

Verstappen Berpeluang Menyegel Gelar Juara F1 di Singapura Akhir Pekan Ini

Berita Terkait

Max Verstappen merayakan kemenangannya di GP Belanda di atas podium Sirkuit Zandvoort. (Bobby Arifin/Jawa Pos)

batampos – Akhir pekan ini di GP Singapura adalah kesempatan pertama bagi Max Verstappen menyegel gelar juara F1 keduanya.

Verstappen kini sudah memimpin 116 poin dari rival terdekatnya Charles Leclerc (Ferrari). Dengan enam balapan tersisa, jagoan Red Bull itu bisa menyegel gelar juara dunia F1 2022 di Singapura.

Meski demikian, syaratnya sangat berat. Yakni, wajib memenangi balapan di GP Singapura. Sementara Leclerc harus finis di posisi 8 atau 9. Bergantung pada siapa yang akan meraih satu poin tambahan dari fastest lap.

Namun, meraih kemenangan di Singapura adalah hal yang belum pernah diraih Verstapppen. Karena dalam tujuh edisi terakhir, podium tertinggi dikuasai Mercedes dan Ferrari.

Sementara rekor kemenangan terbanyak masih dipegang Sebastian Vettel (5 kali).

Verstappen memang punya motivasi lebih menghadapi balapan akhir pekan ini. Karena jika itu terjadi, pembalap Belanda tersebut akan meraih kemenangan kelimanya secara beruntun tahun ini.

’’Aku ingin pergi ke Singapura dan memenangi balapan di sana juga,’’ ucap Verstappen. ‘’Kami melakoni musim yang luar biasa, jadi kami harus mencobanya (memenangi GP Singapura) dan menikmati balapan,’’ ucapnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan Red Bull adalah memastikan bahwa Verstappen bisa tampil bagus di sesi kualifikasi.

Karena karakter sirkuit jalanan yang relatif sempit, membuat para pembalap lebih sulit melakukan overtaking.

Fakta tersebut juga didukung data statitik. Yakni tujuh juara dari 11 edisi balapan di Singapura memenanginya lewat pole position.

‘’Marina Bay adalah sirkuit yang khas. Perlu mengharmoniskan banyak hal untuk bisa menang di sini,’’ tandas putra mantan pembalap F1 Josh Verstappen tersebut. (*)

 

Reporter: JPGroup

Update