Usai Kalahkan Vietnam, Peringkat Timnas Indonesia Naik ke Posisi 138 Dunia

0
17
Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga lanjutan grup F babak kualifikasi Piala dunia zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)
Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri ( tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga lanjutan grup F babak kualifikasi Piala dunia zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)

batampos – Timnas Indonesia berhasil merebut kemenangan perdananya dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, usia mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0 dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (12/3) malam WIB.

Kemenangan Skuad Garuda ini tak terlepas dari sumbangan gol yang di ciptakan oleh Egy Maulana Vikri pada menit 52’.

Egy berhasil memanfaatkan peluang bola liar yang berasal dari lemparan jauh Pratama Arhan yang mengenai pemain Vietnam yang mengubah bola ke arahnya dan langsung dieksekusi dengan baik. Skor berubah jadi 1-0 hingga berakhirnya laga.

Hasil ini membuat posisi Indonesia dalam grup F naik ke urutan kedua mengkoleksi 4 poin, dan pemuncak klasemen dipegang oleh Irak yang semakin kokoh dengan 9 poin, sedangkan Vietnam berada diposisi ketiga koleksi 3 poin dan Filipina berada diposisi empat dengan koleksi 1 poin.

Tak hanya itu, kemenangan ini juga mampu menyumbangkan poin untuk peringkat FIFA dunia bagi Timnas Indonesia yang membuat kenaikan peringkat dunia.

Dikutip melalui Footy Rangkings yang merupakan database update rangking FIFA dalam ajang kompetisi asia. Timnas Indonesia berhasil mendapatkan +15.37 poin membuat raihan poinnya jadi 1088.03 dari yang sebelumnya 1072.66 poin.

Penambahan poin ini tentunya membuat posisi rangking Indonesia juga bergeser dari yang saat ini berada di 142 berpindah ke posisi 138 dunia.

Sementara itu, Vietnam mendapatkan pengurangan poin sebesar -15.37 dari poin sebelumnya yang mengkoleksi 1194.58 menjadi 1179.21.

Rangking yang dimiliki oleh Vietnam juga turut mengalami penurunan dari yang sebelumnya berada di posisi 105 dunia menjadi 112.

Raihan positif yang didapatkan oleh Timnas Indonesia ini tentunya diharapkan dapat terus berlanjut, dimana Indonesia akan kembali melanjutkan perjuanganya dalam grup F pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, dengan bertandang ke Vietnam pada Selasa, 26 Maret 2024 yang di gelar di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi pukul 19.00 WIB. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini