Selasa, 27 Februari 2024

Trackhouse Racing Resmi Jadi Tim Baru di MotoGP 2024

Berita Terkait

Trackhouse Racing dalam presentasinya yang secara resmi mengumumkan bergabung ke MotoGP bersama Aprilia Racing, Selasa (5/12). (MotoGP.com)

batampos – Pada musim 2024 mendatang, kita akan melihat tim baru yang mendarat di MotoGP.

Trackhouse Racing, yang memulai perjalanannya di dunia balap pada tiga tahun lalu di kejuaraan Stock Car Amerika Serikat NASCAR, kini akan mewujudkan ambisi balapnya di sektor roda dua setelah resmi bergabung dengan MotoGP.

Dilansir dari laman resmi MotoGP.com pada Rabu (6/12), Trackhouse Racing bergabung sebagai tim independen yang bekerja sama dengan Aprilia Racing di MotoGP musim 2024, menggantikan tim RNF milik Razlan Razali yang slot gridnya tidak diperpanjang.

Pengumuman tersebut disiarkan secara langsung dari Milan melalui laman resmi MotoGP.com pada Selasa (5/12).

Di momen tersebut, pendiri sekaligus pemilik Trackhouse Racing, Justin Marks, didampingi oleh CEO Aprilia Racing Massimo Rivola, CSO Dorna Carlos Ezpeleta, dan CCO Dorna Dan Rossomondo melakukan presentasi dan mengumumkan kerja sama baru tesebut.

Dalam presentasinya, Trackhouse Racing menampilkan motor Aprilia RS-GP dengan tampilan serba Amerika sebagai simbolis peluncuran sekaligus penghormatan kepada mendiang pembalap MotoGP asal Amerika Serikat, Nicky Hayden yang kini dikenang sebagai warisan balap motor Amerika Serikat yang luar biasa.

Menambah warisan balap Amerika Serikat dan menulis babak baru di ajang MotoGP, merupakan tujuan utama Trackhouse Racing.

Penambahan tim Amerika tersebut mewakili salah satu pasar terbesar di dunia, serta menawarkan banyak peluang bagi kedua belah pihak.

Owner Trackhouse Racing, Justin Marks dalam peluncuran tersebut mengatakan bahwa bergabungnya Trackhouse Racing di MotoGP merupakan langkah besar untuk ekspansi dan mengembangkan perusahaan.

“Bergabung dengan Kejuaraan Dunia MotoGP adalah momen yang sangat menyenangkan bagi perusahaan muda kami. Trackhouse telah bekerja sejak hari pertama untuk mengenali peluang motorsport yang unik dan menarik dan kemampuan untuk berekspansi ke seri global seperti MotoGP merupakan langkah besar dalam mengembangkan perusahaan,” kata Justin.

“Kami sangat percaya pada misi Dorna dan berkomitmen untuk menghadirkan sesuatu yang baru dan menarik ke kejuaraan sambil bekerja keras untuk membantu mengembangkan dan menyebarkan olahraga luar biasa ini kepada jutaan penggemar baru di Amerika Utara dan sekitarnya,” imbuhnya.

Chief Sporting Officer (CSO) Dorna Sports, Carlos Ezpeleta, menyambut baik hadirnya tim baru tersebut di MotoGP. Menurutnya, Trackhouse sangat cocok bergabung di ajang tertinggi balap motor tersebut.

“Kami sangat senang menyambut Trackhouse ke MotoGP. Kami tahu tim baru ini sangat cocok untuk olahraga kami: mereka telah menunjukkan bahwa mereka tahu cara menang dan datang dengan kepribadian yang hebat. Di era paling kompetitif yang pernah ada dalam olahraga ini, sangatlah penting untuk memiliki Tim Independen yang kuat di grid dengan proyek yang solid,” kata Ezpeleta.

“Trackhouse bekerja sama dengan Aprilia, yang akan memberikan dukungan ekstensif, juga merupakan prospek yang sangat menarik. RS-GP adalah sepeda motor pemenang dan kombinasi pendekatan motor, pabrikan, dan Trackhouse dengan tim ini adalah sesuatu yang sangat menarik bagi penggemar MotoGP di mana pun. Kami tidak sabar untuk melihat Trackhouse ikut berlomba bersama kamil” tandasnya.

Meski terjadi perubahan signifikan dalam tim, susunan pebalap Raul Fernandez dan Miguel Oliveira akan tetap sama.

Nantinya, tim asal Amerika Serikat tersebut akan menjalankan dua Aprilia RS-GP, yang dikendarai oleh Miguel Oliveira dan Raul Fernandez. Untuk livery lengkap motor Aprilia musim 2024, Trackhouse Racing bakal mengumumkan di awal musim depan. (*)

 

Reporter: JPGroup

Update