Sabtu, 20 Juli 2024

Timnas Voli Putra Indonesia Hadapi Tiongkok di Babak 12 Besar Asian Games

Berita Terkait

Timnas voli Indonesia merayakan poin saat menghadapi Filipina di laga perdana Asian Games 2022. Di laga kedua, timnas kalah oleh Jepang. (PBVSI)

batampos – Tim nasional Indonesia akan memainkan pertandingan berat, saat menantang tuan rumah Tiongkok pada pertandingan 12 besar cabang olahraga bola voli putra di Linping Sports Centre Gymnasium pada Jumat (22/9).

Timnas bola voli putra dipastikan menantang Tiongkok setelah meraih kemenangan 3-0 (25-18, 25-21, dan 25-17) atas Afghanistan pada pertandingan penutup Grup F. Dengan raihan tersebut, maka Indonesia berhak menduduki posisi kedua di klasemen akhir grup.

Di atas kertas, peluang tim bola voli putra Indonesia untuk dapat mengukir kejutan saat melawan Tiongkok terhitung cukup berat.

Secara statistik, tim bola voli putra Tiongkok telah tiga kali memenangi medali emas Asian Games, yakni pada 1986, 1990, dan 1998. Sedangkan pencapaian terbaik tim bola voli putra Indonesia adalah finis di posisi keempat pada Asian Games 1962.

Namun, pada Asian Games terakhir, Indonesia memiliki posisi yang lebih baik dari Tiongkok. Pada Asian Games 2018, Indonesia menghuni posisi keenam, sedangkan Tiongkok berada di posisi kesembilan pada klasemen akhir.

Dengan demikian, meski terbilang kecil, peluang bagi Indonesia untuk dapat menyingkirkan tuan rumah bukan sama sekali tidak ada.

Pertandingan bola voli putra antara Indonesia melawan Tiongkok akan dimainkan pada pukul 18.00 WIB.

Selain bola voli putra, wakil Indonesia lainnya yang akan bertanding pada Jumat (22/9) adalah tim bola voli pantai putri. Sebagaimana bola voli putra, tim bola voli pantai putri yang diwakili Bernadetta Herdanti/Nur Atika Sari juga akan bertemu wakil tuan rumah Wang Fan/ Jie Dong pada pertandingan Grup D.

Pertandingan antara Herdanti/Sari melawan Wang/Dong akan berlangsung di Ningbo Banbianshan Sand Volleyball Center, pukul 18.00 WIB.

Satu lagi wakil Indonesia yang akan bertanding pada Jumat adalah Samuel Christian Matulatuwa. Samuel akan mengikuti perlombaan cabang olahraga modern pentathlon, yakni pada nomor individu putra (fencing bonus round), renang individu putra, dan laser run individu putra.

Jadwal Kontingen Indonesia di Asian Games Hangzhou 2022, Jumat (22/9):

Men’s individual (fencing bonus round) – 15.00 WIB

Men’s individual (swimming) – 15.35 WIB

Men’s individual (laser run) – 16.15

Voli pantai putri: Indonesia vs Tiongkok – 18.00 WIB

Voli putra: Indonesia vs Tiongkok – 18.00 WIB

 

 

Reporter: Antara

Update