Timnas Indonesia U-23 Pesta Gol 9-0 ke Gawang Taiwan, Modal Bagus Hadapi Turkmenistan

0
29
Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan timnas Vietnam U-23 di final Piala AFF U-23 2023. Garuda Muda kalah lewat adu penalti di Rayong Provincial Stadium, Sabtu (26/8) malam. (pssi)
Ilustrasi: Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan timnas Vietnam U-23 di final Piala AFF U-23 2023. Garuda Muda kalah lewat adu penalti di Rayong Provincial Stadium, Sabtu (26/8) malam. (pssi)

batampos – Timnas Indonesia U-23 pesta gol ke gawang timnas Taiwan U-23. Garuda Muda menang meyakinkan 9-0 dalam laga penyisihan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (9/9) malam.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memang enggan bereksperimen menjalani laga perdana skuad Garuda Muda di fase grup tersebut.

Materi pemain terbilang ‘menakutkan’ diturunkan, seperti Rio Fahmi, Elkan Baggott, Rizky Ridho, dan Pratama Arhan di jantung pertahanan. Sementara lini tengah dihuni Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Ivar Jenner, dan Arkhan Fikri. Lini depan mengandalkan Rafael Struick dan Ramadhan Sananta.

Hasilnya sudah terlihat ketika Marselino mencetak gol cepat pada menit kedua. Tak butuh waktu lama bagi Garuda Muda menggandakan keunggulan, karena giliran Sananta mencetak gol kedua timnas Indonesia U-23 pada menit keenam.

Sementara Struick mencetak gol ketiga Indonesia pada menit ke-19, disusul gol Witan pada menit ke-29, dan Rio Fahmi melengkapinya pada menit ke-40. Praktis, Indonesia sudah unggul 5-0 hingga berakhirnya babak pertama.

Intensitas permainan skuad asuhan Shin Tae-yong tak menurun ketika memasuki babak kedua. Walau ada pergantian beberapa pemain, tapi serangan Garuda Muda makin menggila.

Terbukti, Baggott mencetak gol keenam Indonesia pada menit ke-56, disusul Hokky Caraka pada menit ke-78, dan Pratama Arhan pada menit ke-85. Indonesia sebenarnya dapat unggul 10-0 di pertandingan itu. Sayang, Struick yang mendapat hadiah penalti gagal menjalankan tugas dengan baik.

Walau begitu, kemenangan besar ini layak diapresiasi. Apalagi, ini menjadi kemenangan terbesar Shin Tae-yong selama menjabat sebagai pelatih timnas Indonesia di semua kategori usia.

Selain itu, keberhasilan ini menjadi kemenangan terbesar kedua sepanjang babak Kualifikasi Piala Asia U-23. Indonesia hanya terpaut beberapa gol dari Irak yang melumat Macau 13-0.

Yang jelas, keberhasilan ini membuat Indonesia mantap di posisi puncak klasemen Grup K. Indonesia menggeser Turkmenistan, yang sempat duduk di puncak usai kemenangan 4-0 atas Taiwan.

Kemenangan ini tentunya menjadi pembakar semangat Garuda Muda ketika menjalani laga kedua penyisihan Grup K. Indonesia tinggal menghadapi Turkmenistan di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9).

Hasil imbang sudah cukup bagi Indonesia mengunci posisi juara grup, sekaligus merebut tiket ke Piala Asia U-23 di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

Namun, Shin Tae-yong sepertinya tak sependapat dengan itu. Pelatih berpaspor Korea Selatan ini menginginkan kemenangan untuk memuluskan langkah menuju Qatar. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini