Timnas Indonesia U-23 Masuk Pot 4 Piala Asia 2024

0
29
Seorang supporter Indonesia membawa poster penyemangat bertuliskan: ''Piala Asia Kami Datang". (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)
Seorang supporter Indonesia membawa poster penyemangat bertuliskan: ”Piala Asia Kami Datang”. (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)

batampos – Timnas Indonesia U-23 boleh bangga dengan capaian ke putaran final Piala Asia 2024. Namun, euforia itu tak boleh berlebihan karena Garuda Muda sudah ditunggu lawan tangguh secara pengalaman maupun peringkat.

Skuad asuhan Shin Tae-yong memastikan laju ke Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah turnamen. Fakta itu membuat Garuda Muda menjadi satu-satunya kontestan yang menjalani debut dari jumlah total 16 negara peserta di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

Karena itu, Rizky Ridho dan kawan-kawan harus segera berbenah walau tampil ciamik ketika menjalani fase penyisihan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo. Garuda Muda tampil beringas ketika melumat Taiwan U-23 (9-0) dan Turkmenistan U-23 (2-0).

Kewajiban Garuda Muda berbenah tak lepas dari posisi Indonesia berada di pot 4 saat undian yang belum ditentukan jadwalnya. Indonesia tergabung bersama Malaysia, Tajikistan, dan Tiongkok di pot tersebut.

Posisi itu membuat Garuda Muda berpotensi bertemu para raksasa Asia yang tergabung di pot 1,2, atau 3 saat undian nanti. Indonesia bisa bertemu unggulan di pot 1 seperti tuan rumah Qatar, Arab Saudi selaku juara bertahan, Uzbekistan, dan Jepang.

Sementara di pot 2 ditempati Australia, Korea Selatan, Irak, dan Vietnam. Artinya, Indonesia dapat berjumpa salah satu dari empat negara kuat tersebut. Di pot 3 terdapat Thailand, Jordan, Uni Emirat Arab, dan Kuwait.

Namun, Ketua Umum PSSI Erick Thohir sempat mengutarakan bahwa tradisi kemenangan timnas U-23 harus dilanjutkan di Qatar nanti. “Alhamdulillah tradisi kemenangan timnas U-23 berlanjut. Setelah emas SEA Games 2023, finalis AFF U-23, tren positif berlanjut di kualifikasi Piala Asia U-23. Mari kita pertahankan mental dan tradisi menang di Qatar!” ujar Erick Thohir, Selasa (12/9). (*)

 

 

Reporter:JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini