Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Piala Asia U-23 untuk Pertama Kalinya

0
32
Ivar Jenner (kanan) saat merayakan gol pertama timnas Indonesia U-23 kontra Turkmenistan U-23 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9) malam. (pssi.org)
Ivar Jenner (kanan) saat merayakan gol pertama timnas Indonesia U-23 kontra Turkmenistan U-23 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9) malam. (pssi.org)

batampos – Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan penting 2-0 atas Turkmenistan U-23. Keberhasilan itu membuat Garuda Muda melenggang ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar.

Skuad asuhan Shin Tae-yong lolos untuk pertama kalinya ke Piala Asia U-23 berkat gol Ivar Jenner pada menit ke-41, dan gol Pratama Arhan pada menit injury time.

Kemenangan itu otomatis membuat Rizky Ridho dan kawan-kawan layak ke Qatar setelah menyapu bersih dua pertandingan di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23. Skuad Garuda sebelumnya melumat Taiwan U-23 dengan skor besar 9-0.

Sukses ini tentu saja layak dirayakan, apalagi pertandingan itu disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Bahkan, orang nomor satu di Indonesia itu tak dapat menyimpan perasaan bahagianya setelah Pratama Arhan mencetak gol kedua Indonesia di pertandingan tersebut.

Jokowi tampak mengangkat tangannya dari tribune. Beliau bersorak merayakan gol kemenangan itu bersama dengan penonton yang memadati Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9) malam.

Sementara Shin Tae-yong selaku pelatih Garuda Muda layak mendapat kredit tersendiri atas pencapaian tersebut. Pelatih berpaspor Korea Selatan itu telah membawa timnas senior, timnas u-23, dan timnas u-20 tampil di Piala Asia.

Akan tetapi, tugas berat telah menanti Rizky Ridho dan kawan-kawan di putaran final Piala Asia U-23 nanti. Turnamen itu rencananya akan digelar di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

Prediksi itu lantaran Indonesia menjadi satu-satunya negara yang menjalani debut di putaran final Piala Asia U-23 tahun depan. Bandingkan dengan tuan rumah Qatar yang telah empat kali mentas di turnamen tersebut.

Indonesia bahkan masih tertinggal dari negara tetangga di zona Asia Tenggara, seperti Vietnam yang sudah empat kali bermain di putaran final Piala Asia U-23 pada 2016, 2018, 2020, dan 2022.

Walau begitu, banyak pihak diyakini sepakat timnas Indonesia U-23 bakal memberikan permainan terbaik di Qatar nanti. Skuad Garuda Muda membuktikan itu ketika menjalani fase Grup K, khususnya menghadapi Turkmenistan yang sejatinya lebih diunggulkan saat undian. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini