Rabu, 21 Februari 2024

Timnas Bola Voli Pertahankan Status Raja ASEAN

Berita Terkait

 

batampos – Timnas bola voli indoor putra Indonesia masih menjadi yang terkuat di Asia Tenggara. Terbaru, pasukan Jeff Jiang Jie sukses mengamankan gelar juara pada SEA V.League seri kedua di Laguna, Filipina, Minggu (30/7).

Timnas memastikan diri sebagai juara pekan kedua setelah mengalahkan rival bebuyutan, Thailand, dalam laga terakhir di Santa Rosa, Laguna. Pasukan Jeff Jiang Jie menang dramatis 3-2 (25-27, 20-25, 25-21, 25-21, dan 15-9). Indonesia sempat tertinggal 0-2 karena kecolongan di dua set awal.

Asisten pelatih timnas Indonesia Erwin Rusni menyatakan, penampilan Dio Zulfikri dkk cukup mengkhawatirkan. Ada banyak kesalahan yang dilakukan. Baik saat servis, receive, maupun passing. ”Sehingga kami dapat tekanan dari lawan dan tidak bisa berkembang,” katanya kepada Jawa Pos (grup Batam Pos) melalui pesan singkat.

Namun, performa timnas membaik setelah itu. Tiga set beruntun berhasil direbut untuk memastikan kemena-ngan. Hasil ini membuat pasukan Merah Putih mendapatkan dua angka tambahan untuk keluar sebagai juara SEA V.League 2023 seri kedua dengan delapan poin.
Timnas sebelumnya menjadi yang terbaik pada seri pertama di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Bogor, Jawa Barat, pekan lalu. Saat itu mereka juara dengan mengoleksi sembilan poin, hasil tiga kemenangan. Masing-masing atas Filipina (3-0), Vietnam (3-0), dan Thailand (3-1).

Keberhasilan ini semakin menegaskan dominasi Indonesia di kejuaraan tingkat Asia Tenggara atau ASEAN. Sebelum juara edisi perdana SEA V.League 2023, Indonesia tercatat sebagai peraih medali emas dalam tiga edisi SEA Games beruntun.

”Target awal di SEA V.League ini harus kita ambil. Sama aja dengan SEA Games. (Juara) jadi harga mati,” tegas Erwin.

Kini timnas mengalihkan fokus ke ajang berikutnya. (drw/c14/bas/*)

Update

De Jong Bantah Rumor Hengkang dari Barcelona

Ricky Soebagdja Jabat Kabid Binpres PBSI

Porto vs Arsenal, Momentum Versus Harga Diri