Sabtu, 3 Desember 2022

Timnas Bisa Pakai GBK saat AFF Cup 2022

Berita Terkait

Kondisi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, terkini. PPKGBK berharap timnas bermain di SUGBK di Piala AFF 2022. (Dok PPKGBK )

batampos – Tim nasional Indonesia bulan depan berlaga di ajang AFF Cup 2022.

Format AFF Cup akan kembali menggunakan sistem home-away. Nah, pada fase grup, skuad Merah Putih bakal dua kali bermain di kandang. Yaitu, saat bertemu Kamboja (23/12) dan Thailand (29/12).

Lalu, di mana kandang timnas saat menjamu dua tim tersebut? Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) Rakhmadi Afif Kusumo berharap timnas Indonesia bisa bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Meski, sebelumnya menteri pemuda dan olahraga (Menpora) menyatakan bahwa SUGBK mulai bulan ini sudah harus difokuskan untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

”Kami baru saja berkomunikasi dengan PSSI. Mereka ingin segera melihat ke sini. Tim AFF juga harus mengecek langsung. Kalau bisa, home match timnas digelar di stadion ini,” ujar Rakhmadi di SUGBK kemarin siang.

Dia menambahkan, sebelum Piala Dunia U-20 2023 digelar, SUGBK tidak hanya boleh dipakai timnas untuk tampil di ajang AFF Cup 2022. Stadion yang mulai dibangun pada 8 Februari 1960 itu juga bisa digunakan untuk pertandingan Liga 1.

”Ya, bisa juga (untuk Liga 1, Red). Kami harapkan bisa berjalan. Sebab, pembukaan Liga 1 beberapa tahun lalu pernah di sini. Klub Liga 1 juga sudah ada yang berkomunikasi,” terang Rakhmadi.

Lalu, bagaimana dengan larangan penggunaan SUGBK yang disampaikan Menpora sebelumnya?

”GBK merupakan badan layanan umum (BLU) di bawah Kemensetneg. Mengenai arahan Pak Menpora, sejatinya itu adalah untuk melindungi rumput SUGBK. Rencananya, besok (hari ini) kami akan sowan ke Pak Menpora. Kami akan menjelaskan secara detail seperti apa perawatannya. Kami akan jelaskan bagaimana menjaga lapangan ini ready saat Piala Dunia U-20 2023 digelar,” tegas Rakhmadi.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap timnas Indonesia bisa menjamu Kamboja dan Thailand di SUGBK.

”Informasi yang saya dapat, SUGBK terakhir bisa dipakai Desember,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu di gedung DPR kemarin.

Tapi, lanjut Iriawan, PSSI sudah menyiapkan venue alternatif apabila SUGBK tidak bisa digunakan untuk AFF Cup 2022. Dua venue alternatif itu adalah Stadion Pakansari (Bogor) dan Jakarta International Stadium (Jakarta).

”Kalau bisa di SUGBK, ya kami akan pilih SUGBK. Kalau tidak bisa, kami pilih Jakarta International Stadium. Kalau itu tidak bisa juga, kami pilih Pakansari,” ungkap mantan Kapolda Metro Jaya tersebut. (*)

 

 

 

Reporter: JPGroup

Update