Selasa, 27 September 2022

Timnas Bikin 2 Gol dalam 3 Menit dan Balikkan Keadaan vs Vietnam, STY: Saya Sangat Bangga

Berita Terkait

Pemain Timnas Indonesia U-20 Frengky Missa mencoba melepaskan tendangan ke gawang Vietnam dalam laga terakhir Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (18/9). (Ahmad Khusaini/Jawa Pos)

batampos – Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong mengaku bangga dengan kemenangan pasukannya atas Vietnam pada laga terakhir Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, malam tadi (18/9), Indonesia bangkit untuk mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2. Kemenangan ini membuat Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Kemenangan ini juga bermakna spesial. Sebab, inilah kemenangan pertama timnas Indonesia atas Vietnam dalam era kepelatihan Shin Tae-yong.

“Saya sangat bangga kepada para pemain, sekarang mereka sudah bisa menang lawan Vietnam,” kata STY dalam konferensi pers usai pertandingan. “Setelah kemenangan ini, kami jadi percaya diri,” tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

Dalam pertandingan ini, Indonesia unggul lebih dulu lewat gol cantik Marselino Ferdinan pada menit ke-60. Bintang muda Persebaya Surabaya itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang dengan mantab menjebol gawang Vietnam.

Unggul 1-0, Indonesia lengah. Vietnam berhasil bangkit dan mencetak dua gol lewat skema serangan balik. Yang pertama dari gol bunuh diri Muhammad Ferrari pada menit ke-66. Yang kedua melalui tendangan Dinh Xuan Tien pada menit ke-79.

Namun, dalam situasi genting, Indonesia berhasil mencetak dua gol dalam tempo tiga menit. Yakni lewat tandukan Ferrari pada menit ke-82 dan Rabbani Tasmim di menit ke-85.

Rabbani dengan sangat mudah menceploskan bola untuk meneruskan sodoran Alfriyanto Nico. Nico sebelumnya bermain luar biasa dengan melakukan tusukan agresif dari sayap kanan.

“Begitu kami cetak satu gol, mungkin ada dampak. Tetapi kami benar-benar fokus. Saat kami kemasukan dua gol, kami bisa membalikkan lagi menjadi 3-2,” ucap STY.

“Dengan kemenangan ini, artinya tim Indonesia semakin kuat. Walaupun kami kemasukan gol, situasi sedang tertinggal, kami bisa balikkan keadaan. Saya sangat berterima kasih kepada para pemain. Saya sangat bangga,” tambah STY.

Dengan kemenangan ini, Indonesia finis sebagai juara Grup F. Indonesia meraih tiga kemenangan dalam tiga pertandingan. Sebelum mengandaskan Vietnam, Indonesia mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-0 dan Hongkong dengan skor 5-1. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update