Tim Renang Indonesia Bidik 6 sampai 7 Emas di SEA Games

0
39
I Gede Siman Sudartawa menjadi andalan Indonesia di SEA Games 2021. (Dok Jawa Pos)
I Gede Siman Sudartawa menjadi andalan Indonesia di SEA Games 2021. (Dok Jawa Pos)

batampos – Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) bakal menggelar time trial bagi atlet pelatnas. Agenda ini rencananya diselenggarakan di GBK Aquatic, Senayan, mulai Kamis (21/4) hingga Sabtu (23/4) mendatang.

Waketum PB PRSI Harlin Erlianto Rahardjo mengatakan, time trial terakhir bagi atlet tersebut digelar untuk melihat progres terakhir sebelum berangkat ke SEA Games Hanoi pada 12–23 Mei.

’’Para atlet ini kan sudah memasuki periodisasi akhir latihan. Jadi, akan dites bagaimana performanya supaya pelatih bisa atur strategi sebelum berlaga di Hanoi,’’ jelas Harlin saat dihubungi Jawa Pos kemarin (20/4).

Harlin menuturkan, setiap atlet sudah melalui beberapa kali time trial. ’’Time trial dilakukan sejak Februari dan dilakukan dua minggu sekali. Yang akhir Maret penentuan atlet yang didaftarkan,” ujar Harlin. ’’Kalau bulan ini cek kesiapan akhir dari tim,” tambah Harlin.

Time trial ini juga sekaligus memantau kondisi terakhir atlet. Apakah ada yang cedera atau tidak. ’’Jadi, kami tes lah kondisi fisiknya dan performa terakhirnya,’’ ucap Harlin.

Setelah time trial, Harlin menyebut atlet akan memasuki periodisasi tapering. ’’Tapering ini fokus ke mental. Jadi, peningkatan mental dan psikologis. Menguatkan mental bertanding karena waktunya sudah tinggal dua minggu lebih. Atlet mulai tanding tanggal 14 Mei. Biasanya H-3 atau H-4 (berangkat),’’ jelas Harlin.

Renang memberangkatkan 16 atlet ke SEA Games Hanoi. Sebelumnya, Harlin mengatakan bahwa pihaknya ingin memberangkatkan atlet secara swadaya dengan biaya mandiri. Yakni, atlet-atlet muda yang ingin disertakan untuk regenerasi.

’’Namun, pembicaraan oleh NOC tidak boleh diberangkatkan (mandiri). Karena aturannya seperti itu, kami ikuti,’’ ucap Harlin.

Tim renang Indonesia sendiri menargetkan bisa membawa pulang enam sampai tujuh emas pada SEA Games Hanoi 2021.

Nomor paling potensial adalah 50 meter dan 200 meter gaya punggung putra, 400 meter gaya ganti putra dan putri. Untuk nomor 50 meter gaya punggung putra, Indonesia mengandalkan I Gede Siman Sudartawa. Pada SEA Games 2019, Siman meraih emas. (*)

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini