Minggu, 25 Februari 2024

Thailand Ikut Tersingkir, Tak Ada Wakil Asean ke Perempat Final Piala Asia 2023

Berita Terkait

Thailand vs Uzbeskistan di babak 16 besar Piala Asia 2023. (Sumber Foto: AFC Asian Cup)

batampos – Tak ada wakil Asean ke perempat final Piala Asia 2023. Laga babak 16 besar yang mempertemukan Uzbekistan vs Thailand di Stadion Al Janoub Selasa (30/1) harus membuat tim gajah putih tersingkir dari kompetisi Piala Asia 2023.

Thailand harus mengakui keunggulan dari tim Serigala Putih julukan Uzbekistan dengan keunggulan skor 2-1 dibabak 16 besar yang membuat tak ada wakil Asean satu pun yang mampu maju ke perempat final Piala Asia 2023.

Kick off yang dimulai pukul 18.30 ini, sejak peluit dibunyikan Tim Serigala putih tampil agresif menyerang yang membuat Thailand harus menjaga pertahanan dengan extra hati-hati.

Hingga di menit ke 37’ Uzbekistan mampu meluncurkan golnya ke gawang Thailand melalui Azizbek Turgunboev yang mampu memanfaatkan umpan yang dikirimkan oleh Diyor Kholmatov. Tak ada gol lain yang tercipta di babak pertama, skor 1-0 masih bertahan.

Di babak kedua menit 58’ Thailand mampu memperkecil ketertinggalan dengan gol yang diciptakan oleh pemain yang baru dimasukkan Supachok Sarachat yang berhasil memanfaatkan umpan satu dua bersama Supachai Chaided. Skor berubah jadi 1-1

Hanya berlangsung tujuh menit Uzbeskistan mampu mendapatkan kembali keunggulan mereka melalui gol dari Abbosbek Fayzullaev setelah menerima umpan dari Jaloliddin Masharipov dimenit 65’ yang membuat skor menjadi 2-1.

Thailand terus melakukan upayanya untuk mengejar tambahan golnya hingga dimenit akhir, peluang dari Elias Dolah melalui tandukanya, Namun tak berhasil membobol gawang Uzbekistan karena masih melambung diatas mistar gawang.

Tak ada gol tambahan yang dihasilkan lagi dari pertandingan ini, skor 2-1 menjadi keunggulan bagi Uzbeskistan dan membuatnya pastikan tempat ke babak perempat final.

Kemenangan ini membuat Uzbekistan maju kelima kalinya dalam enam edisi terakhir yang diikutinya untuk pergi ke babak perempat final. Sedangkan Thailand harus puas melangkah sampai babak 16 besar dan membuatnya harus angkat kaki dari Piala Asia.

Pertandingan selanjutnya Uzbeskistan akan menantang tuan rumah Qatar di Stadion Al Bayt pada hari Sabtu nanti (3/2) pukul 22.30 WIB. (*)

Update