Terungkap Akar Perselisihan Elkan Baggott dengan Shin Tae-yong

0
48
Elkan Banggot dengan Klub barunya. (Instagram Bristol Rovers FC)
Elkan Banggot dengan Klub barunya. (Instagram Bristol Rovers FC)

batampos – Situasi di Timnas Indonesia belakangan ini diwarnai oleh ketegangan antara pelatih Shin Tae-yong dan bek andalan Elkan Baggott. Perselisihan yang muncul di antara mereka telah menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen dan penggemar sepak bola Tanah Air.

Apa sebenarnya yang terjadi? Mengapa Elkan Baggott tidak dipanggil untuk pertandingan penting Timnas Indonesia? Berikut ulasan lengkapnya.

Nama Elkan Baggott tidak muncul dalam daftar skuad Timnas Indonesia untuk menghadapi Tanzania, Irak, dan Filipina. Absennya Baggott dari skuad Timnas Indonesia menimbulkan tanda tanya besar, mengingat pelatih Shin Tae-yong sebelumnya selalu mengandalkan Baggott dalam setiap pertandingan penting.

Ketika ditanya soal absennya Baggott, Shin Tae-yong bersikap dingin dan meminta wartawan untuk menanyakan langsung kepada Elkan Baggott.

“Masalah Elkan mungkin langsung tanyakan saja kepada Elkan, mungkin Elkan yang lebih tahu,” kata Shin Tae-yong kepada wartawan, Selasa (28/5/2024).

Kabar mengenai ‘perselisihan’ antara Elkan dan Shin Tae-yong ini mulai mencuat sejak absennya Elkan dari pemanggilan Timnas Indonesia U-23 untuk ajang Piala Asia U-23 2024. Pada saat itu, absennya Elkan masih dapat dipahami karena Piala Asia U-23 bentrok dengan agenda klubnya.
Namun, ketidakhadirannya kembali terulang saat Timnas U-23 melakoni laga play-off Olimpiade 2024, di saat agenda klubnya sudah selesai.

Diduga bahwa Elkan mengabaikan panggilan Timnas Indonesia karena kehendaknya sendiri, terutama saat mengabaikan panggilan timnas untuk kualifikasi Olimpiade. Sebelum kualifikasi Olimpiade, Shin Tae-yong sudah memberikan sinyal ketidakpuasan dengan ketidakhadiran Elkan.

Dia menyatakan bahwa media Indonesia bisa mencari tahu sendiri tentang jadwal klub dan kelakuan Elkan.

“Tentang Elkan, mungkin dari media Indonesia bisa mengikuti jadwal (klub) atau kelakuan Elkan seperti apa bisa cari tahu sendiri. Lalu, bisa dilihat sendiri Elkan bagaimana,” ujar Shin Tae-yong.

Elkan sendiri saat ini diketahui sedang menikmati masa libur. Dalam unggahannya di media sosial, terlihat Elkan berada di Times Square, New York, Amerika Serikat. Situasi ini memicu berbagai reaksi dari netizen yang mendukung Elkan dan meminta publik untuk tidak menyalahkannya.

Melalui kanal Instagram @transfernews_ft, banyak netizen memberikan komentar yang membela Elkan. Beberapa netizen menyatakan bahwa Elkan mungkin memiliki alasan pribadi atau urusan klub yang lebih penting.

“Jangan menyalahkan Elkan, karena kan internal Elkan gak ada yang tau… mungkin aja dia mau fokus urus sisa kontrak atau akan dimana klubnya buat musim depan,” ujar salah satu netizen.

Ada juga yang menduga bahwa Elkan sudah mendapatkan izin dari Shin Tae-yong terkait absennya dari pemanggilan timnas.

“Kemungkinan Elkan sudah izin sama Coach STY terkait pemanggilan pemain, bahwa dia tidak bisa dipanggil dulu karena ada kepentingan di klub/keluarga,” tulis netizen lainnya.

Beberapa netizen juga berspekulasi bahwa Elkan sedang sibuk dengan masalah internal klubnya, Ipswich Town. Kontrak Elkan di Ipswich tinggal setahun lagi, dan kemungkinan dia sedang menegosiasikan perpanjangan kontrak atau peminjaman ke klub lain.

“Keknya Elkan sibuk sama masalah internal klub deh, kontrak sisa setahun di Ipswich mau dipinjemin lagi keluar, di jual atau perpanjang kontrak?” komentar seorang netizen.

Sementara itu, beberapa netizen menduga bahwa absennya Elkan bisa jadi terkait dengan play-off Olimpiade yang menjadi sumber masalah antara dia dan Shin Tae-yong.

“Gara-gara play off kah?” tulis seorang netizen.

Dengan banyaknya spekulasi dan berbagai pandangan dari netizen, jelas bahwa situasi ini masih menjadi misteri. Namun, yang pasti, dukungan untuk Elkan Baggott tetap mengalir deras. Publik meminta agar tidak menyalahkan Elkan sebelum mendapatkan klarifikasi yang lebih jelas dari pihak yang bersangkutan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini