Minggu, 25 Februari 2024

Tersisa Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana untuk Ganda Putra di Thailand Masters 2024

Berita Terkait

Bagas/Fikri belum mampu mengakhiri paceklik gelar setelah kalah di final Orleans Masters. Mereka kini memiliki kesempatan di Thailand Open 2023. (PBSI )

batampos – Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Rahmat Hidayat/Yeremia Rambitan menyerah dari lawan-lawannya di babak kedua Thailand Masters 2024. Indonesia pun langsung kehilangan dua pasangan ganda putra.

Dari kedua pasangan itu, The Babbies, julukan Leo/Daniel menyandang status unggulan ketiga sekaligus juara bertahan. Mereka harus mengakui keunggulan pasangan yang lolos dari babak kualifikasi Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul dari Thailand dengan rubber game 17-21. 21-19, 16-21. Di atas kertas, sebenarnya Leo/Daniel tidak perlu kalah.

Peringkat keduanya jauh di atas lawan. Dari ranking terakhir yang dikeluarkan BWF atau Federasi Bulutangkis Dunia, Leo/Daniel ada di peringkat 11 dunia. Sedangkan Peeratchai/Pakkapon di ranking 76 dunia.

Apalagi, pekan lalu, pasangan Leo/Danel, yang ditempa di Pelatnas PBSI Cipayung, tersebut baru saja menjadi juara turnamen Indonesia Masters 2024 yang masuk kategori Super 500 atau lebih tinggi daripada Thailand Masters yang masuk kategori Super 300.

Kekalahan juga dialami pasangan debutan Rahmat Hidayat/Yeremia Rambitan. Keduanya kalah mudah dua game langsung 13-21, 16-21 dari unggulan kelima asal Tiongkok He Ji Ting/Ren Xiang Yu.

Sebelumnya pada 2023, Rahmat sempat dipasangkan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Keduanya sempat tampil di Kumamoto Masters Japang 2023 dan sampai di babak kedua.Begitu juga di Korea Masters yang terhenti di babak 16 besar atau babak kedua.

Sedangkan Yeremia Rambitan sempat menanjak namanya ketika dipasangkan dengan Pramudya Kusumawardana. Mereka menyumbangkan emas di SEA Games 2023 di Kamboja. Sayang, pada 2024 Yeremia harus berpisah dengan Pramudya karena pasangan itu pindah ke Australia.

Tumbangnya Leo/Daniel dan Rahmat/Yeremia membuat Indonesia hanya menyisakan satu pasangan di nomor ganda putra Thailand Masters yakni Muhammad Shohibul/Bagas Maulana.

Unggulan kedua tersebut lolos ke perempat final setelah lawannya, Ko Sung-hyun/Shin Baek Cheol dari Korea Selatan, menyerah karena cedera saat kedudukan 5-0 bagi pasangan Indonesia.

Untuk bisa lolos ke semifinal, Bakri, akronim Bagas/Fikri, harus bisa mengalahkan ganda Taiwan yang diunggulkan di peringkat ketujuh Lee Jhe-Hue/Yang Po-Hsuan.

Kedua pasangan sudah lima kali bertemu dengan Bakti tiga kali memetik kemenangan. Termasuk dalam pertemuan terakhir di perempat final Denmark Open 2023. Ketika itu, Bakri menang tiga game yang ketat 22-20, 19-21, 21-15.

Tahun lalu di Thailand Masters, Bakri tersingkir di babak semifinal. Pasangan yang kini menempati peringkat sembilan dunia tersebut kalah rubber game 17-21, 21-13, 19-21 dari pasangan Taiwan lainnya, Su Ching Heng/Ye Hong Wei. (*)

SourceJPGroup

Update