Sabtu, 20 Juli 2024

Tekuk Persib Bandung 2-4, PSM Makassar Merangsek ke Papan Atas

Berita Terkait

Ilustrasi pertandingan PSM Makassar lawan Persib Bandung musim lalu. (Yulius Satria Wijaya/Antara)

batampos – PSM Makassar merangsek ke papan atas klasemen sementara Liga 1 Indonesia seusai menghajar Persib Bandung dengan skor 4-2 pada pekan ke-4 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sabtu (22/7).

Kemenangan PSM Makassar hadir berkat gol dari Kenzo Nambu, Victor Dethan, Everton Nascimento, serta Andy Harjito. Sedangkan Persib Bandung sempat membalas melalui gol bunuh diri Yuran Fernandes dan tendangan jarak jauh Marc Klok, demikian catatan Liga Indonesia seperti dilansir dari Antara.

PSM Makassar berada di posisi kelima klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan torehan tujuh poin dari empat laga. Persib menghuni peringkat 16 dengan koleksi tiga poin.

Pada babak pertama PSM Makassar mengambil inisiatif menyerang dan sempat mencetak gol melalui sundulan Yuran Fernandes. Namun, gol itu dianulir wasit karena pemain asal Tanjung Verde tersebut berada dalam posisi offside.

PSM benar-benar membobol gawang Persib pada menit ke-10 melalui tendangan keras yang dilepaskan Kenzo Nambu. Skor berubah menjadi 1-0.

Persib berusaha menyamakan kedudukan. Salah satunya melalui sundulan David Da Silva seusai menerima umpan silang Ciro Alves. Namun bola masih dapat diamankan kiper PSM Reza Arya.

Tak berselang lama, PSM dapat menggandakan keunggulan usai tendangan mendatar Victor Dethan tak mampu dihalau kiper Persib Teja Paku Alam. Skor berubah menjadi 2-0 pada menit ke-28.

PSM berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-40 melalui gol yang dicetak Everton Nascimento yang berhasil memanfaatkan celah di lini pertahanan Persib. Skor 3-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Persib melakukan beberapa perubahan permainan dan salah satunya memasukkan penyerang Ezra Walian menggantikan gelandang Dedi Kusnandar. Perubahan taktik yang dilakukan Persib sempat membuahkan hasil ketika Marc Klok mampu membobol gawang PSM. Akan tetapi gol tersebut tidak disahkan wasit karena David Da Silva berada dalam posisi offside.

Juku Eja hampir menggandakan keunggulan andai umpan tarik dari Yance Sayuri dapat disambut kaki Yuran Fernandes, namun bola tak dapat dijangkau.

Persib berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 pada menit ke-86. Umpan silang Ciro Alves salah diantisipasi Yuran Fernandes dan membuat bola masuk ke gawang PSM.

Berselang tiga menit, Persib kembali mencetak gol, kali ini melalui tendangan jarak jauh Marc Klok usai menerima umpan dari Ciro Alves. Skor berubah menjadi 2-3.

Memasuki waktu tambahan babak kedua, pasukan Bernardo Tavares mengunci kemenangan pada pertandingan itu setelah menambah keunggulan menjadi 4-2 seusai Andy Harjito membobol gawang Teja Paku Alam memanfaatkan umpan tarik Everton. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Selanjutnya PSM Makassar akan bertandang ke markas Bhayangkara FC pada pekan kelima Liga 1 Indonesia, Sabtu (29/7). Sedangkan Persib Bandung akan menghadapi Persik Kediri, sehari sebelumnya. (*)

 

 

Reporter: Antara

Update