Tanpa Jay Idzes, Ini Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Untuk Kualifikasi Piala Dunia

0
59
Jay Idzes terancam absen membela Timnas Indonesia. (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)
Jay Idzes terancam absen membela Timnas Indonesia. (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)

batampos – Para pemain Timnas Indonesia baru saja berkumpul untuk melaksanakan training center (TC) menjelang laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Jakarta pada Senin (27/5). Sebanyak 22 pemain telah dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong, termasuk Jay Idzes yang terancam absen.

Sayangnya, Jay Idzes yang baru saja membantu klubnya, Venezia, mencapai babak final playoff promosi Serie A terancam absen membela Timnas Indonesia. Bang Jay – sapaan akrabnya, bermain penuh dalam dua pertandingan semifinal melawan Palermo, yang membuatnya berpotensi kelelahan. Sehingga, jadwal padat klub berpotensi membuatnya absen dalam beberapa laga penting Timnas Indonesia.

Venezia akan bertanding di final playoff promosi Serie A dengan sistem dua leg pada 31 Mei dan 3 Juni 2024. Di waktu yang bersamaan, Timnas Indonesia akan menghadapi Tanzania dalam laga uji coba pada 2 Juni, serta pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni.

Jika Idzes bermain untuk Venezia di final playoff, hampir pasti ia akan absen dalam laga melawan Tanzania. Selain itu, kebugarannya mungkin diragukan untuk pertandingan melawan Irak pada 6 Juni karena jadwal yang ketat dan perjalanan yang jauh.

Meski demikian, Venezia telah menyatakan bahwa mereka akan melepas Idzes untuk bergabung dengan Timnas Indonesia setelah memastikan tempat di semifinal playoff. Namun, belum ada kejelasan kapan tepatnya Idzes akan bergabung dengan tim.

Potensi absennya Jay Idzes menjadi tantangan bagi Timnas Indonesia yang tengah mempersiapkan diri untuk pertandingan penting di kualifikasi Piala Dunia 2026. Idzes membuat debut impresif saat melawan Vietnam dan bahkan mencetak gol di pertandingan keduanya.

Jika Idzes absen dalam laga melawan Tanzania dan Irak, Shin Tae-yong masih memiliki trio Jordi Amat, Rizky Ridho, dan Justin Hubner di lini pertahanan dengan formasi 3-4-3. Sementara, posisi kiper kemungkinan besar masih akan diisi oleh kiper Persebaya Surabaya, Ernando Ari.

Di posisi fullback kanan, kapten Asnawi Mangkualam akan kembali memimpin Timnas Indonesia. Sementara di posisi kiri bakal diisi oleh Shayne Pattynama.

Dua gelandang diprediksi akan diisi oleh duo alumni SC Heerenveen, yakni Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On. Nathan sendiri berposisi asli sebagai bek kiri, namun di Piala Asia U-23, ia dijadikan gelandang bertahan oleh Shin Tae-yong.

Di sisi kiri lini serang, masih akan menjadi milik Marselino Ferdinan, dan di sebelah kanan akan dimulai dengan memainkan Yakob Sayuri. Sementara posisi 9 akan ditempati oleh Ragnar Oratmangoen yang menjalani debut sempurna saat melawan Vietnam.

Skuad Garuda akan menghadapi Irak pada 6 Juni, dilanjut dengan menjamu Filipina pada tanggal 11 Juni, di Stadion Gelora Bung Karno. Satu kemenangan dari dua laga akan membuat pasukan Shin Tae-yong lolos ke babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (*)

Prediksi Susunan Pemain Timnas Tanpa Jay Idzes

(3-4-3): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Shayne Pattynama; Yakob Sayuri, Ragnar Oratmangoen, Marselino Ferdinan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini