Taklukkan Trek Basah, Lando Norris Rebut Pole Position Sprint GP China

0
24
Pembalap McLaren asal Inggris, Lando Norris, saat sesi kualifikasi Grand Prix Inggris Formula Satu di Sirkuit Silverstone, Inggris, Sabtu (8/7/2023). ANTARA/AFP/Ben Stansall
Pembalap McLaren asal Inggris, Lando Norris, saat sesi kualifikasi Grand Prix Inggris Formula Satu di Sirkuit Silverstone, Inggris, Sabtu (8/7/2023). ANTARA/AFP/Ben Stansall

batampos – Pembalap McLaren Lando Norris merebut pole position untuk pada kualifikasi balapan Sprint Grand Prix China yang digelar di Sirkuit Internasional Shanghai, Jumat (19/4).

Norris menaklukkan kondisi trek basah yang menantang dan menjadi pembalap tercepat di depan para pembalap veteran, yakni juara GP China 2019 Lewis Hamilton (Mercedes) dan Fernando Alonso (Aston Martin), yang melengkapi podium.

Hamilton terpaut tipis 1,261 detik dari kompatriotnya, sementara Alonso memiliki margin 1,975 detik dari sang pemimpin balapan.

Pemimpin klasemen sementara sekaligus juara bertahan Max Verstappen (Red Bull) terlihat masih cukup kesulitan dengan trek di Shanghai. Setelah menyelesaikan sesi latihan bebas di posisi tiga, dia kini harus puas berada di posisi keempat pada kualifikasi Sprint GP China dengan selisih waktu 2,088 detik dari Norris.

Menyusul di belakangnya adalah Carlos Sainz (Ferrari) yang bangkit dari kesulitannya pada sesi pertama, dengan selisih kurang lebih 0,2 detik saja dari Verstappen.

Sementara Sergio Perez (Red Bull) dan Charles Leclerc (Ferrari) masing-masing berada di posisi keenam dan ketujuh. Berada di belakangnya adalah rekan satu tim Norris, Oscar Piastri, dan duo Kick Sauber Valtteri Bottas serta Zhou Guanyu melengkapi posisi 10 besar pada sesi kualifikasi Sprint GP China 2024.

Adapun GP China, yang kembali masuk ke kalender F1 setelah absen empat tahun, hanya akan diisi dengan satu sesi latihan. Hal ini menyusul format baru dari Sprint, di mana semua pembalap harus mengikuti sesi kualifikasi untuk balapan pendek ini pada Sabtu (20/4).

Perubahan ini berarti tim akan dapat menyesuaikan pengaturan mobil mereka setelah balapan Sprint untuk kualifikasi balapan utama, yang sebelumnya tidak diperbolehkan.

Sementara itu, balapan Sprint dan kualifikasi balapan utama, masing-masing akan digelar pada Sabtu (20/4) pukul 10.00 dan 14.00 WIB. Balapan utama GP China sendiri bakal digelar pada Minggu (21/4) pukul 14.00 WIB. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini