Sabtu, 1 Oktober 2022

Stadion Gelora Bung Tomo Pemanasan jelang Piala Dunia U-20

Berita Terkait

Batam Juara Umum Kejurprov PBSI Kepri

Guangzhou jadi Tuan Rumah World Tour Finals 2022

Nagelsmann Diminta Tepikan Gaya yang Fashionable

Pekerja mendorong bench di dalam Stadion Gelora Bung Tomo kemarin (12/9). Berbagai persiapan telah dilakukan jelang perhelatan babak kualifikasi AFC U20 di Stadion Gelora Bung Tomo. FOTO: ALFIAN RIZAL/JAWA POS

batampos – Besok (14/9) kualifikasi Piala Asia U-20 2023 grup F mulai dipertandingkan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Timnas Indonesia U-19 akan bersaing dengan tiga negara. Yakni, Vietnam, Hongkong, dan Timor Leste.

Di antara yang menjadi perhatian adalah kesiapan venue pertandingan. Selama ini, Stadion GBT mendapat beberapa catatan dari FIFA. Ada beberapa hal yang masih harus diperbaiki jika ingin jadi venue Piala Dunia U-20 tahun depan.

Ketua panpel kualifikasi Piala Asia U-20 Amir Burhannudin menyatakan, Stadion GBT sudah sangat siap menggelar pertandingan pada 14–18 September mendatang. Kemarin (12/9) pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polrestabes Surabaya.

’’Keamanan nanti sama seperti laga-laga Persebaya di GBT. Akan disekat dengan beberapa ring. Jadi, yang tidak bertiket dilarang masuk ke sekitar GBT,’’ jelasnya.

Selain itu, pertandingan besok (14/9) jadi laga perdana dengan akses baru yang dibuka ke Stadion GBT. Yakni, akses melalui tol dan Teluk Lamong. ’’Nanti yang tol hanya untuk empat tim peserta dan tamu-tamu VIP. Sedangkan akses lain bisa dipakai untuk penonton,’’ ungkapnya.

Pembukaan akses tersebut juga menjawab beberapa catatan dari FIFA. Artinya, akses sudah tidak jadi masalah. ’’Tinggal beberapa hal lagi, seperti soal view dan bau,’’ sebutnya.

Amir mengungkapkan, soal view, tentu selama pergelaran kualifikasi Piala Asia U-20 belum bisa dilihat dampaknya. Gunung sampah dan tambak garam pasti masih terlihat.

’’View akan bisa dijawab 4–6 bulan ke depan. Karena sudah ada penanaman ribuan pohon di sekitar GBT,’’ tegasnya.

Soal bau sampah karena venue dekat dengan TPA, pria yang juga menjabat wakil Asprov PSSI Jawa Timur tersebut sangat pede itu tidak akan terjadi. Menurut dia, Pemkot Surabaya sudah bekerja sangat keras untuk meminimalkan bau sampah agar tidak sampai ke Stadion GBT.

’’Saya salut dan respek dengan apa yang dilakukan Pemkot Surabaya untuk membantu kualifikasi bisa berjalan bagus. Kami (PSSI) tidak mengeluarkan sepeser pun,’’ ujarnya.

Sementara itu, timnas Indonesia U-19 sendiri sudah sangat siap bertanding. Pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong menuturkan, tak ada masalah dengan kondisi anak asuhnya. ’’Kami sudah berlatih strategi beberapa hari terakhir,’’ ujarnya.

Soal tiga negara yang akan jadi calon lawan, pelatih asal Korea Selatan itu mengaku hanya tahu soal Vietnam. Keduanya sempat bertemu di Piala AFF U-19 di Jakarta beberapa waktu lalu. ’’Timor Leste dan Hongkong saya tidak mengerti,’’ ungkapnya.

Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

14 September
Pukul 16.00 WIB
Vietnam vs Hongkong

Pukul 20.00 WIB
Indonesia vs Timor Leste

16 September
Pukul 16.00 WIB
Timor Leste vs Vietnam

Pukul 20.00 WIB
Hongkong vs Indonesia

18 September
Pukul 16.00 WIB
Hongkong vs Timor Leste

Pukul 20.00 WIB
Indonesia vs Vietnam

 

 

 

Reporter: JPGroup

Update