Rabu, 24 Juli 2024

Singkirkan Tuan Rumah, Spanyol ke Semifinal Euro 2024

Berita Terkait

Spanyol melaju ke semifinal Euro 2024 setelah mengalahkan Jerman dengan skor 2-1. (Instagram @sefutbol)

batampos – Spanyol berhasil melaju ke semifinal Euro 2024 setelah menyingkirkan tuan rumah Jerman. Laga dramatis Spanyol vs Jerman berakhir dengan skor 2-1. Hujan kartu kuning menyertai sepanjang jalannya laga Spanyol vs Jerman yang berlangsung dengan intensitas cukup tinggi.

Pertandingan quarter finals Euro 2024 yang mempertemukan Spanyol vs Jerman berlangsung di Mercedes-Benz, Stuttgart, Jerman, pada Jumat (5/7) mulai pukul 23.00 WIB. Laga sengit itu dipimpin wasit Anthony Taylor (Inggris). Total mengeluarkan 16 kartu kuning dan satu kartu merah untuk Daniel Carvajal.

Tuan rumah Jerman harus menerima kenyataan pahit setelah disingkirkan Spanyol melalui babak perpanjangan waktu. Hal tersebut menjadi dejavu bagi Jerman yang kalah di fase semifinal. Ketika Euro 1988, Jerman sebagai tuan rumah, mengalami kegagalan melaju ke fase semifinal. Saat itu, Jerman yang masih menggunakan nama Jerman Barat kalah 1-2 atas Belanda yang akhirnya keluar menjadi juara Euro 1988.

Jerman dan Spanyol sama-sama turun dengan kekuatan terbaik saat saling sikut demi tiket semifinal Euro 2024. Sebagai tuan rumah, Jerman tak ingin mengecewakan publiknya yang selalu memadati stadion saat Die Mannschaft (julukan Timnas Jerman) bermain.

Spanyol yang datang dengan membawa kombinasi pemain muda dan senior pun tak ingin cepat-cepat mengangkat koper dari ajang Euro 2024. Intensitas tinggi sudah tersaji sejak menit-menit awal pertandingan Spanyol vs Jerman di Stuttgart Arena. Spanyol dan Jerman seakan tak ingin segera pulang dari ajang Euro 2024.

Benturan demi benturan terjadi saat awal-awal pertandingan. Pertandingan Spanyol vs Jerman baru berjalan tujuh menit, gelandang muda Spanyol Pedri harus ditarik keluar akibat mengalami cedera kaki kirinya dan digantikan Dani Olmo.

Pelanggaran-pelanggaran kerap menghiasi jalannya pertandingan sengit antara Spanyol vs Jerman. Dalam 45 menit pertandingan, dua pemain Jerman dan seorang pemain Spanyol telah mendapat peringatan kartu kuning dari wasit asal Inggris tersebut.

Jalannya permainan dalam babak pertama terlihat cukup sengit. Pertarungan pada lini tengah permainan cukup alot. Hal tersebut terbukti dari penguasaan bola Spanyol dan Jerman yang hampir berimbang. Tuan rumah Jerman menguasai bola lebih sedikit dengan total 48 persen penguasaan bola. Spanyol memiliki akurasi operan 85 persen.

Pertarungan di lini tengah tersebut membuat laga Spanyol vs Jerman terlihat efektif. Bola jarang mengarah ke luar lapangan. Aliran bola di lini tengah pertandingan membuat minimnya ancaman berarti untuk gawang Spanyol maupun Jerman. Hingga babak pertama usai skor imbang 0-0.

Usai turun minum, kedua tim mencoba mengubah skema permainan dengan memasukkan beberapa pemain. Jerman memasukkan Robert Andrich dan Florian Wirtz. Spanyol mengganti Robin Le Normand dengan Nacho Fernandez. Die Mannschaft yang bermain di depan publik sendiri tertinggal terlebih dulu saat babak kedua baru berjalan enam menit.

Menit ke-51, gol pemecah kebuntuan untuk La Furia Roja (julukan Timnas Spanyol) hadir dari kaki Dani Olmo. Gol tersebut tercipta melalui umpan Lamine Yamal dan diselesaikan dengan tendangan kaki kanan yang mengarah ke sudut kanan gawang yang dikawal Manuel Neuer.

Kecermatan Lamine Yamal yang melihat Dani Olmo datang dari lini tengah juga patut diacungi jempol. Sebab, hal tersebut tak diperhitungkan barisan pertahanan Jerman. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Spanyol. Tak ingin menyerah begitu saja, anak asuh Julian Nagelsmann berupaya menaikkan tempo pertandingan.

Usaha mencetak gol tuan rumah Jerman baru terealisasi saat semenit jelang laga berakhir. Menit ke-89 tendangan first touch Florian Wirtz mengarah ke sudut kanan gawang Unai Simon. Gol penyama kedudukan itu tercipta melalui umpan kepala dari Joshua Kimmich.

Pertandingan quarter finals Euro 2024 itu harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit. Memasuki babak perpanjangan waktu Spanyol dan Jerman bermain terbuka. Situasi saling serang pun terlihat selama 15 menit pertama perpanjang waktu. Namun, hingga menit ke-105 tak tercipta gol dan skor tetap bertahan 1-1.

Saat memasuki menit ke-105 pertandingan, secara sekilas terlihat tangan Marc Cucurella terkena bola di dalam kotak penalti. Namun, wasit tak bergeming akan hal itu dan tetap melanjutkan pertandingan.

Mimpi buruk bagi Jerman hadir pada menit ke-119 ketika Dani Olmo mengirimkan umpan crossing dan disambut sundulan kepala Mikel Merino. Sundulan Merino tak mampu ditahan Manuel Neuer. Gol pada menit akhir perpanjangan waktu ini membuat Jerman sedikit panik.

Jerman langsung menyerbu pertahanan Spanyol pada sisa pertandingan. Berkali-kali usaha Jerman untuk menembus tembok kokoh Spanyol tak menemui hasil. Skor 2-1 untuk Spanyol tetap bertahan hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan wasit Anthony Taylor.

Dengan hasil itu Spanyol melenggang ke semifinal dan akan bermain pada Rabu (10/7) pukul 02.00 WIB. Spanyol akan melawan pemenang dari laga Portugal vs Prancis yang akan saling jegal demi lolos ke semifinal.

Sosok Dani Olmo sangat pantas mendapat predikat Man of The Match laga dengan mencatatkan satu gol dan satu assist ketika bermain dari bangku cadangan menggantikan Pedri. Dani Olmo menjelma menjadi aktor kemenangan Spanyol menyingkirkan tuan rumah Jerman di depan publiknya sendiri. (*)

Update