Minggu, 25 Februari 2024

Shayne Pattynama Bergabung dengan KAS Eupen, Reuni dengan Shandy Walsh di Liga Belgia

Berita Terkait

Shayne Pattynama diperkenalkan KAS Eupen, klub yang berlaga di divisi teratas Liga Belgia. (KAS Eupen)

batampos – Pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama, baru saja diresmikan sebagai pemain klub kasta tertinggi Liga Belgia, KAS Eupen, Jumat (2/2) dini hari WIB.

Bergabungnya bek kiri naturalisasi Indonesia tersebut meramaikan nuansa Indonesia di persepakbolaan Liga Belgia.

Sebelumnya, ada nama Sandy Walsh, yang sejak musim 2011/2012 mencicipi sepak bola Belgia, tepatnya bersama KRC Genk U-21. Dia kemudian pindah ke Zulte Waregem pada 2017, dan akhirnya berlabuh ke klubnya saat ini, KV Mechelen, pada 2020.

Selanjutnya, ada nama wonderkid Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, yang sejak awal 2023 bergabung dengan klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze, dari Persebaya Surabaya.

Shayne sendiri dikontrak oleh klub yang bermain di kasta tertinggi Belgia tersebut hingga 30 Juni 2026. Ini menjadi petualangan pertama Shayne bermain di Liga Belgia setelah sebelumnya membela klub divisi satu Norwegia, Viking FK Stavanger.

Hal tersebut membuat Shayne dan Sandy akan bertemu sebagai lawan. Bahkan, pada akhir pekan ini, KAS Eupen akan langsung berhadapan dengan klub yang dibela Sandy, KV Mechelen.

KAS Eupen akan berjumpa dengan KV Mechelen pada lanjutan Liga Pro Belgia pada Minggu (4/2), pukul 22:00 WIB. Semoga Shayne dan Sandy bisa bermain, sehingga keduanya bisa bereuni sebagai lawan di lapangan.

Saat ini KV Mechelen bertengger di posisi 9 sementara dengan torehan 29 poin. Sementara KAS Eupen berada empat strip di bawahnya, alias di posisi 13, dengan 21 poin.

Menariknya, KMSK Deinze, klub Marselino Ferdinan, tengah bersaing dalam perebutan tiket promosi ke Liga Pro Belgia. Kini, mereka bertengger di posisi ketiga dan berpotensi meramaikan perebutan peringkat satu hingga ketiga. Persaingan makin sengit karena selisih poinnya sangat tipis.

Diketahui, Liga Pro Belgia diikuti oleh 16 tim, dengan perhitungan peringkat pertama hingga keenam akan berlanjut ke putaran final, sedangkan empat tim terbawah akan terdegradasi.

Terakhir derbi pemain Indonesia yang tersaji di Eropa adalah Egy Maulana Vikri menghadapi sahabatnya dari kecil, Witan Sulaiman.

Klub yang saat itu dibela Egy, FC ViOn Zlate Moravce, berhasil mengalahkan tim Witan Sulaeman, AS Trencin, di kasta teratas Liga Slovakia.

Zlate Moravce menang 1-0 atas AS Trencin pada pekan kesembilan Slovak Super Liga 2022/2023 di Stadion FC ViOn, Zlate Moravce, Sabtu (3/9/2022). Di akhir laga, pemain yang kini sudah pulang dan berkarier di Liga Indonesia itu bertukar jersey.(*)

SourceJPGroup

Update