Sabtu, 20 Juli 2024

Sensasi Striker Muda Barcelona Marc Guiu: Dari El Clasico ke Piala Dunia U-17 Indonesia

Berita Terkait

Marc Guiu pemain muda Barcelona berusia 17 tahun. (F.Instagram Barcelona@fcbarcelona)

batampos – Sebulan ke depan akan jadi bulan yang masuk dalam catatan striker muda FC Barcelona Marc Guiu. Apalagi setelah Guiu mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang mampu mencetak gol pertama dalam 33 detik saat melakoni debut menghadapi Athletic Bilbao di LALIGA (23/10).

Pemain yang baru berusia 17 tahun 292 hari itu pun telah dimasukkan entrenador Barca Xavi Hernandez untuk laga kontra Shakhtar Donetsk malam nanti (25/10). Laporan Mundo Deportivo menyebutkan, Guiu masuk daftar bersama bek kanan yang juga berusia 17 tahun, Hector Fort.

”Klub ini memercayaiku (bermain) saat usiaku 17 tahun. Kenapa aku tidak melakukannya kepada pemain berusia 17 tahun seperti Marc Guiu,” kata Xavi seperti dilansir Barca Times.

Xavi juga membutuhkan tambahan pemain setelah kehilangan tujuh anak asuhnya saat lawan Shakhtar. Enam nama mengalami cedera seperti Robert Lewandowski, Pedri, Raphinha, Frenkie de Jong, Jules Kounde, dan Sergi Roberto. Sementara itu, Gavi absen karena menjalani sanksi kartu merah.

Artinya, kans Guiu menjalani debut Liga Champions sangat terbuka.

Setelah itu, Guiu juga bisa memainkan El Clasico pertamanya akhir pekan nanti (28/10). Guiu punya potensi memecahkan rekor Ansu Fati sebagai pemain termuda yang mencetak gol di El Clasico. Rekor Fati adalah 17 tahun 359 hari.

Selain bersama Barca, petualangan Guiu berikutnya adalah memperkuat Spanyol U-17 dalam Piala Dunia di Indonesia bulan depan. Guiu masuk dalam daftar 21 pemain yang dirilis Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF).

Total ada delapan pemain dari Barca B maupun Barca Juvenil. Selain Guiu dan Fort, ada Pau Prim, Pau Cubarsi, Andres Cuenca, Marc Bernal, Quim Junyent, dan Juan Hernandez. (*)

 

Reporter: JPGroup

Update