Sabtu, 20 Juli 2024

Rizky Juara Batam Open 9 Ball Championsip 2023

Berita Terkait

Atlet biliar Indonesia dari tim ESBE, Rizky. Foto. Iman Wachyudi/ Batam Pos

batampos-Atlet biliar Indonesia dari tim ESBE, Rizky dan Ponco Manurung dari tim Nemesis berhasil memasuki final Batam Open 9 Ball Championsip 2023 yang berlangsung di rumah biliar East Side Pool & Cafe.

Atlet biliar dari tim ESBE, Rizky ini berhasil mengunci partai final Batam Open 9 Ball Championsip 2023 setelah berhasil mengalahkan Ahmad Faisal Sangkaro Jaya dengan skor ketat 9-8. Sementara pada pertandingan lain Ponco Manurung Nemesis melangkah ke partai puncak setelah mengalahkan Rico DW RK87 dengan skor 9-6.

Pertandingan antara Rizky dan Ponco pun berlangsung ketat, mulai dari Ponco memimpin dengan skor 4-2 dan kedudukan itu kembali berhasil dikembalikan oleh Rizky dengan skor 5-4.

Selanjutnya kedua finalis terus bersaing sengit hingga mencapai skor 8-8. Pada perebutan poin terakhir terakhir, Ponco Nemesis mendapati kesempatan melakukan pukulan pertama, namun kesempatan itu tidak digunakan sebaik-baiknya.

BACA JUGA: Pengkot POBSI Batam Gelar Turnamen Biliar Berskala Internasional

Pertandingan bola 9 dengan mencari 9 kemenangan ini akhirnya dimenangkan oleh Rizky ESBE dan Ponco Nemesis berhasil duduk di posisi runner up.

Setelah berhasil menduduki puncak Batam Open 9 Ball Championsip 2023, Rizky ESBE berhasil meraih hadiah sebesar Rp 100 juta dan Ponco Nemesis harus lega dengan posisi runner up dan mendapati hadiah sebesar Rp 50 juta.

Sedangkan Ahmad Faisal Sangkaro Jaya dan Rico DW RK87 menduduki posisi semifinalis 1 dan 2, keduanya mendapati hadiah sebesar Rp 25 juta.

Ketua Umum Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Batam, Masrur Amin mengatakan, pertandingan final yang baru saja usai merupakan pertandingan berkualitas. 2 pebiliar terbaik yang berlaga tidak ada yang mendapatkan kemenangan dengan mudah.

“Skor sangat ketat. Kita sebagai penonton sangat puas dengan permainan yang ditampilkan oleh para finalis,” kata Masrur, Selasa (21/2/2023).

Kedua pemain yang berlaga ini kata Masrur merupakan pebiliar yang sudah malang melintang di dunia olahraga yang mengandalkan konsentrasi ini. Ponco Nemesis merupakan atlet nasional yang sudah pernah ikut dalam Sea Games. Begitu juga Rizky Esbe yang masuk dalam jajaran pebiliar top di Indonesia.

“Biliar ini tergantung dari kesiapan dari pemain. Kalau mereka secara mental siap dan tidak merasa terbebani, mereka pasti bisa berhasil,” ujarnya.

Masrur juga mengucapkan selamat kepada para pemenang di Batam Open 9 Ball Championsip 2023 ini dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta nasional maupun mancanegara yang sudah mendukung penuh suksesnya penyelenggaraan ajang bergengsi ini.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Rizky atas kemenangannya dan terimakasih kepada seluruh peserta yang sudah mendukung penuh ajang bergengsi ini. Diharapkan dengan adanya Batam Open 9 Ball Championsip 2023 ini dapat meningkatkan semangat para pebiliar di Indonesia khususnya Kota Batam untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya,” tutupnya.

Diwaktu yang sama, Kepala Dinas Olahraga Kota Batam, Zulkifli mengatakan bahwa saat ini Batam sudah sangat layak dijadikan lokasi turnamen bertaraf internasional.

“Pelaksanaan Batam Open 9 Ball Championship 2023 ini merupakan suatu kesuksesan untuk Kota Batam dan di sini kami juga melihat atlet-atlet Kota Batam sudah sangat baik. Kedepannya saya harapkan para atlet dapat menjadi lebih baik lagi, selamat atas pelaksanaan kita oleh Pobsi Kota Batam, salam olahraga,” tutupnya. (*)

reporter: eggi

Update