Rio Waida, Peselancar Indonesia Raih Tiket ke Olimpiade Paris 2024

0
22
Peselancar Indonesia Rio Waida berhasil melaju ke Olimpiade 2024. (F: instagram Rio Waida )
Peselancar Indonesia Rio Waida berhasil melaju ke Olimpiade 2024. (F: instagram Rio Waida )

batampos – Atlet peselancar Indonesia Rio Waida berhasil rebut tiket ke Olimpiade Paris 2024 setelah menyelesaikan babak Repechage 10 di urutan kedua dalam kualifikasi ISA World Surfing Games 2024 di Arecibo, Puerto Rico, pada Minggu (4/3).

Dalam ajang yang di gelar Asosiasi Surfing Internasional (ISA) itu merupakan ajang kualifikasi terakhir menuju Olimpiade 2024 Paris, dimana surfer yang berada di tiga besar Repechage 12 dipastikan meraih tiket ke Olimpiade seperti yang dilansir melalui Antara News.

Karena ada Surfer yang sudah meraih tiket ke Olimpiade di kualifikasi sebelumnya, maka tersisa empat tiket yang diperebutkan oleh peselancar terbaik yang melaju ke Repechage 10.
Peselancar Indonesia Rio Waida berhasil rebut tiket ke Olimpiade Paris 2024. Kepastian Rio amankan tiket itu sebenernya sudah ada saat dirinya menyelesaikan Repechage 9, tetapi kepastian itu turut diperkuat setelah menyelesaikan babak Repechage10 dengan berada pada posisi kedua memperoleh raihan 10,93 poin.

Perjalanannya untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade tentunya tidaklah mudah, ia harus melalui babak Repechage setelah keluar dari main round. Rio yang tembus 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 berada pada urutan ketiga pada round keempat yang membuatnya harus terlempar ke Repechage 6.

Dari situlah peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu berjuang melalui babak demi babak hingga akhirnya merebut satu slot Olimpiade Paris dari enam slot putra yang disediakan di Repechage 9.

“Hebatnya Rio, dia tetap konsisten, Fighting sampai detik terakhir dan akhirnya di Repechange 9 dia sudah berhasil mendapatkan tiket ke Olimpiade dan kebetulan ini pertandingan barusan Repechange 10 dia menang lagi,” ujar Pelatih kepala tim nasional surfing Indonesia Arya Subyakto dilansir melalui Antara News Lampung.

Bagi Rio, ini akan menjadi penampilan kedua kalinya di Olimpiade membela Indonesia berturut-turut untuk cabang olahraga selancar ombak setelah sebelumnya tampil pada Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Saat di Tokyo, langkahnya terhenti di babak 16 besar saat tampil di Tsurigasaki Surfing Beach, Jepang.

Dengan lolosnya kembali ke Olimpiade 2024, Rio Waida mengungkapkan perasaanya yang penuh gembira.

“Ini sangat luar biasa dan sangat indah. Itu alasan kenapa saya datang ke kejuaraan ini. Terakhir kali saya lolos kualifikasi untuk Tokyo rasanya luar biasa dan sekarang saya ingin melakukanya lagi,” ujar Rio dikutip dari NOC Indonesia.

“Saya akan terus berjuang untuk negara saya selalu,” tambahnya.

Pada babak kualifikasi tersebut, Rio menjadi satu-satunya atlet Indonesia yang meraih tiket menuju Paris dimana olahraga selancar ombak itu akan dimainkan pada 27 Juli sampai 5 Agustus di Teahupo’o, Tahiti, Prancis.

Sementara itu, tiga Atlet Indonesia yang juga turut bertanding pada cabang olahraga surfing ini, I Ketut Agus Aditya Putra, Dhany Widianto dan Jasmin Michelle Studder (sektor putri) perjuangannya harus kandas lebih dulu di babak awal. (*)

 

Reporter : Deva Fahira Maghfiroh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini