Sabtu, 1 Oktober 2022

Resmi Boyong Aubameyang dan Pinjam Zakaria, Chelsea Lepas Alonso

Berita Terkait

Batam Juara Umum Kejurprov PBSI Kepri

Guangzhou jadi Tuan Rumah World Tour Finals 2022

Nagelsmann Diminta Tepikan Gaya yang Fashionable

Pierre-Emerick Aubameyang resmi berkostum Chelsea setelah diboyong dari Barcelona di hari terakhir bursa transfer musim panas (Getty Images )

batampos – Chelsea mengakhiri aktivitas mereka di bursa transfer pemain musim panas 2022-23 dengan memboyong dua pemain. Mereka adalah penyerang Pierre-Emerick Aubameyang dari Barcelona, lalu meminjam gelandang Juventus Denis Zakaria. Namun, mereka juga melepas bek sayap Marcos Alonso.

Ketiga langkah transfer itu diumumkan Chelsea melalui situs resmi mereka selepas tenggat transfer musim panas 2022-23 yang ditutup pada Jumat pukul 5.00 WIB.

Chelsea tak mengungkap berapa nilai transfer Aubameyang, tapi media-media Inggris sebelumnya sudah melaporkan bahwa Barcelona menerima sedikitnya 12 juta euro (sekira Rp 178 miliar) untuk penebusan penyerang berusia 33 tahun itu.

Aubameyang menandatangani kontrak berdurasi dua tahun untuk bermarkas di Stamford Bridge dan kembali berkompetisi di Liga Premier Inggris, setelah meninggalkan Arsenal tujuh bulan lalu.

“Saya sangat senang. Sebuah kehormatan jadi bagian tim ini dan saya tak sabar untuk memulai. Saya punya urusan yang belum tuntas dengan Liga Premier, jadi tentu menyenangkan bisa kembali,” kata penyerang asal Gabon itu mengomentari kepindahannya.

Meski hanya berseragam Barcelona selama sekira tujuh bulan, Aubameyang mencatatkan 13 gol dalam 23 penampilan untuk Blaugrana di berbagai kompetisi.

Sementara itu Zakaria didatangkan Chelsea berstatus pinjaman dari Juventus selama musim 2022-23, sebagai opsi menambal lini tengah mereka yang belakangan kerap ditinggalkan N’Golo Kante karena cedera.

Kesepakatan peminjaman Zakaria disertai klausul bagi Chelsea untuk mempermanenkan pemain asal Swiss itu dengan banderol 35 juta euro (sekira Rp 519,2 miliar). Sedangkan Alonso menyudahi enam musim kariernya di Chelsea setelah kedua belah pihak menyepakati pemutusan kontrak.

Alonso sebelumnya dilaporkan menjadi bagian transfer tukar tambah yang ditawarkan Chelsea ke Barcelona demi mendapatkan Aubameyang. Barcelona belakangan mengkonfirmasi perekrutan Alonso secara cuma-cuma.

Kedatangan Aubameyang dan Zakaria membuat Chelsea tercatat melakukan perekrutan enam pemain di level senior sepanjang musim panas setelah memboyong sayap Raheem Sterling, bek Kalidou Koulibaly, bek Marc Cucurella, dan bek Wesley Fofana.

Selain itu, Chelsea juga tercatat memboyong tujuh pemain muda, termasuk yang dibayar mahal seperti gelandang Carney Chukwuemeka dari Aston Villa, gelandang Cesare Casadei dari Inter MIian, serta kiper Gabriel Slonina yang kembali dipinjamkan ke Chicago Fire. (*)

 

 

Reporter: Antara

Update