Selasa, 31 Januari 2023

Rekor Besar saat Portugal Bantai Swiss 6-1

Berita Terkait

Bek Portugal Pepe merayakan gol yang dia cetak ke gawang Swiss pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. (Patricia de Melo Moreira/AFP)

batampos – Portugal melaju mulus ke perempat final Piala Dunia Qatar 2022 setelah membantai Swiss dengan skor 6-1 dalam babak 16 besar di Lusail Stadium, Lusail, Rabu dini hari WIB.

Pemain muda Benfica Goncalo Ramos memborong tiga gol dalam pertandingan ini, dengan tiga lainnya masing-masing dicetak oleh Pepe, Raphael Guerreiro, dan Rafael Leao. Sementara itu gol hiburan Swiss dicetak oleh Manuel Akanji di babak kedua.

Kemenangan ini melengkapi 8 tim yang lolos ke perempat final. Portugal akan menghadapi Maroko di perempat final Piala Dunia yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu malam WIB (10/12).

Baca Juga: Sejarah Besar Maroko, Sejarah Buruk bagi Spanyol

Pelatih Portugal, Fernando Santos memutuskan tidak menurunkan kapten timnas sekaligus megabintang Cristiano Ronaldo dan memainkan penyerang muda 21 tahun, Goncalo Ramos. Ban kapten dipakai oleh bek veteran Pepe

Portugal bermain menyerang dan berhasil membuka kedudukan pada menit ke-19. Pertaruhan Santos memainkan Ramos terbayar setelah dia mencetak gol lewat tembakannya yang menjebol pojok kanan gawang Swiss. Skor menjadi 1-0.

Swiss merespons dan nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-30 lewat eksekusi tendangan bebas Xherdan Shaqiri. Laju bola masih bisa ditepis kiper Portugal, Diogo Costa dan berujung sepak pojok.

Baca Juga: Mbappe Meroket Berkat Coupure de Presse

Portugal sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0 tiga menit berselang. Kali ini giliran Pepe yang mencetak gol lewat tandukan setelah menyambar bola sepak pojok Bruno Fernandez.

Pada usia 39 tahun dan 283 hari, Pepe adalah pemain tertua dalam sejarah Piala Dunia yang mencetak gol pada fase knockout.

Tidak ada gol tambahan hingga babak pertama berakhir. Portugal unggul 2-0 atas Swiss.

Selepas istirahat, Portugal melanjutkan dominasi mereka. Ramos mencetak gol keduanya pada menit ke-51 setelah dia menyelesaikan hasil umpan tarik Diogo Dalot dari sisi kanan. Skor menjadi 3-0.

Portugal kembali menambah skor pada menit ke-55. Kali ini giliran Raphael Guerreiro yang menggetarkan gawang Swiss melalui bola sepakannya. Swiss tertinggal 0-4.

Swiss bisa memperkecil ketertinggalan mereka pada menit ke-58 lewat gol Manuel Akanji setelah dia mencocor bola menyusul kemelut di depan gawang setelah sepak pojok. Kedudukan menjadi 4-1.

Baca Juga: Perang di Perempat Final, Fans Inggris Ajak Boikot Roti Prancis

Ramos menjadi bintang dalam pertandingan ini setelah mencetak gol ketiganya pada menit ke-67. Umpan Joao Felix diselesaikan Ramos dengan sontekan melewati kiper Yann Sommer usai untuk mengubah skor menjadi 5-1 untuk Portugal.

Goncalo Ramos adalah pemain pertama yang mencetak hattrick pada fase knockout Piala Dunia sejak Tomas Skuhravy (pemain yang waktu itu membela negara bernama Cekoslowakia) melakukannya pada 1990.

Ramos juga pemain kedua setelah legenda Jerman Miroslav Klose (2002) yang mencetak hattrick pada debutnya di Piala Dunia.

Baca Juga: Lewandowski Lebih ”Malas” Ketimbang Messi

Unggul cukup jauh, Santos memutuskan untuk menurunkan Cristiano Ronaldo pada menit ke-73 sebagai pengganti Ramos. Ronaldo sempat mencetak gol pada menit ke-82, tetapi wasit menganulirnya karena berbau offside.

Yann Sommer harus kembali memunggut bola dari gawangnya pada menit ke-90. Kali ini gol dicetak oleh Rafael Leao lewat sepakan terukurnya di dekat garis kotak penalti. Kedudukan menjadi 6-1.

Gol tersebut sekaligus mengakhiri pertandingan ini. Portugal menang telak 6-1 atas Swiss dan berhak menghadapi Maroko di perempat final. (*)

 

 

 

Reporter: Antara

Update