Selasa, 27 Februari 2024

Rekor Baru! Arsenal Permalukan Lens 6-0 di Liga Champions

Berita Terkait

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, memberikan apresiasi setelah tim asuhannya menutup pertandingan dengan kemenangan 6-0. Sumber foto: (arsenal.com)

batampos – Arsenal tampil luar biasa ketika bermain di Emirates Stadium melawan Lens dalam laga penentuan Grup B Liga Champions 2023/2024 pada Kamis (30/11) dini hari tadi.

Dilansir dari arsenal.com pada Kamis (30/11), The Gunners menggilas tamunya itu dengan skor telak 6-0.

Keenam gol Arsenal dicetak oleh enam pemain yang berbeda, yakni Kai Havertz, Gabriel Jesus, Bukayo Saka, Gabriel Martinelli, Martin Odegaard, dan Jorginho.

Ini menjadi rekor baru di Liga Champions karena belum pernah ada tim yang mencetak gol lewat enam pemain berbeda dalam satu pertandingan sebelumnya.

Catatan gemilang lainnya, The Gunners juga menjadi tim Inggris pertama yang unggul 5-0 di babak pertama liga Champions.

Sementara itu, keunggulan 4-0 dalam 27 menit pertama menyamai rekor kecepatan gol bagi tim Inggris dalam pertandingan Liga Champions.

Gol pertama dicetak Havertz pada menit ke-13. Dia memanfaatkan bola muntah hasil sundulan Jesus ke dekat gawang. Delapan menit berselang, Jesus balas budi dengan mencetak gol kedua Arsenal.

Gol itu berawal dari aksi individu cemerlang Saka yang melewati enam pemain lawan sebelum memberi umpan pada striker Brasil tersebut.

Saka kemudian mencetak gol ketiga pada menit ke-23. Dia sigap menyambar bola muntah kiper Lens yang gagal menepis shot Martinelli.

Tak lama setelahnya Martinelli ikut membuat pesta gol lewat aksi cut inside andalannya yang berakhir tendangan klinis ke pojok kanan atas (menit 27).

Babak pertama ditutup dengan gol indah kapten Odegaard pada injury time. Gelandang Norwegia itu datang dari lini kedua untuk menyambut umpan silang Tomiyasu dengan sepakan voli indah yang tak bisa dihalau kiper lawan.

Di babak kedua, Arsenal yang sudah sangat unggul justru tidak terlalu bersemangat menambah gol. Mereka baru bisa mencetak gol lagi pada menit 86 lewat hadiah penalti.

Bekal instruksi pelatih Mikel Arteta, Jorginho dengan tenang mengeksekusi titik putih itu untuk melengkapi pesta gol The Gunners.

Lewat kemenangan telak ini, Arsenal sukses mengamankan tiket babak 16 besar sekaligus status juara Grup B. Mereka mengoleksi 12 poin dari 5 laga, unggul 4 poin dari PSV Eindhoven di posisi kedua.

Arteta mengaku sangat bangga dengan performa anak asuhnya. Menurutnya, Arsenal pantas meraih kemenangan besar itu karena tampil sangat agresif dan bertekad kuat untuk meraih kemenangan sejak menit pertama.

“Saya bahkan tidak berani bermimpi seperti ini. Tapi kami punya kesempatan untuk lolos hari ini dan finish sebagai juara grup.”

“Kami lakukan dengan cara yang sangat meyakinkan melawan tim bagus.”

“Tim menunjukkan banyak agresi dan tekad kuat untuk mengejar kemenangan sejak awal, terutama 30 menit pertama. Itu sangat membantu kami memenangi laga,” ujar Arteta.

Pelatih berusia 41 tahun itu menilai penampilan kali ini bisa menjadi pernyataan kuat betapa Arsenal layak diperhitungkan di Liga Champions musim ini.

Menurutnya, secara konsisten The Gunners selalu tampil impresif di kandang dengan performa tanpa kemasukan dan banyak mencetak gol.

“Ini (kemenangan) hebat karena kami bisa memenangi laga dengan cara ini.”

“Tapi secara konsisten kami sudah tunjukkan di kandang bisa tampil tanpa kemasukan dan cetak banyak gol.”

“Ini faktor positif yang penting. Para pemain butuh pengalaman seperti ini dan percaya bisa melakukannya melawan lawan tangguh,” tutup Arteta. (*)

 

Reporter: JPGroup

Update