Ranking FIFA Indonesia Naik Usai Kalahkan Vietnam 1-0 di Piala Asia 2023

0
19
Pemain Indonesia merayakan gol yang dicetak oleh Asnawi Mangkualam. F.Reuters
Pemain Indonesia merayakan gol yang dicetak oleh Asnawi Mangkualam. F.Reuters

batampos – Perebutan tempat menuju babak 16 besar Piala Asia masih bergulir, laga lanjutan di grup D mempertemukan Indonesia menghadapi Vietnam yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifah, Qatar Pada Jumat (19/1) Pukul 21.30 WIB.

Hasil dari laga kedua yang dijalani ini, akhirnya Timnas Indonesia berhasil membungkus poin untuk kemenangan Indonesia dan memastikan peluang asa untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia.

Indonesia mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 yang tercipta dari eksekusi penalti yang baik dari kapten Indonesia Asnawi Mangkualam.

Penalti yang diberikan itu disebabkan karena adanya tarikan yang dilakukan oleh pemain dari Vietnam Nguyen Thanh Binh kepada pemain Indonesia Rafael Struick dikotak pinalti yang dianggap sebagai pelanggaran.

Kapten Timnas Indonesia sendiri yang mengeksekusi tendangan ini pada menit 42’, Asnawi mampu melesatkan tendangan pinalti ke gawang Vietnam dengan baik yang membuat skor berubah keunggulan atas Indonesia.

Tak ada gol lain tercipta dalam laga ini yang membuat Indonesia berhasil raih 3 poin atas Vietnam dengan skor akhir 1-0.

Hasil yang diperoleh Timnas Indonesia ini memberikan dampak yang positif bagi keberlangsungan Timnas kedepan. Pasalnya tidak hanya peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia saja, tetapi juga kenaikan peringkat dunia FIFA Indonesia.

Dikutip dari footyRangkings yang merupakan database update ranking FIFA dalam ajang kompetisi Asia, menjelaskan mengenai adanya kenaikan poin yang didapatkan Indonesia usai pertandingan melawan Vietnam dalam grup D Piala Asia.

Indonesia mendapatkan kenaikan poin sebesar (+23.18) yang membuat poin FIFA Indonesia berubah menjadi 1076.78 yang sebelumnya 1064.01 poin.

Hasil kenaikan poin ini menjadikan ranking Indonesia naik 5 ke posisi 142 dunia yang sebelumnya Indonesia hanya berada di posisi ranking 146 dunia.

Raihan apik yang dijalani oleh Timnas Indonesia ini bisa sedikit demi sedikit memperbaiki ranking sepak bola Indonesia di dunia.

Dilain sisi peringkat Indonesia yang mengalami kenaikan, Vietnam justru peringkatnya mengalami penurunan sebesar (-23.18) dengan berubah menjadi 1205.90 poin yang sebelumnya mengoleksi 123.58 poin dan berada di posisi 94 kini turun 5 posisi dengan peringkat 99 dunia.

Hasil positif yang diraih oleh Timnas Indonesia diharapkan akan terus berlanjut, terutama dalam ajang Piala Asia. Misi besar Timnas Indonesia masih belum usai dan sudah menunggu di depan sana.

Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang pada lanjutan laga di grup D di hari Rabu (24/1) pukul 18.30 di Stadion Al Thumama, Qatar.

Indonesia hanya membutuhkan hasil seri untuk bisa pastikan langkahnya di babak 16 besar Piala Asia. (*)

 

Reporter: JPGroup

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini