Rabu, 28 September 2022

Raih 425 Medali, Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2022

Berita Terkait

Tiga jagoan para swimming Indonesia, Maulana Rifky Yavianda (kiri), Syuci Indriani (tengah), dan Jendi Pangabean. (Indo Swim Gear/Instagram)

batampos – Indonesia keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games 2022, yang digelar di Solo, Karanganyar, Sukoharjo, dan Semarang, Provinsi Jawa Tengah, dari 30 Juli hingga 6 Agustus. Adapun total medali yang diraih sebanyak 425 medali terdiri dari 175 emas, 144 perak, dan 106 perunggu.

Menyusul Indonesia, di peringkat kedua ada Thailand dengan capaian 318 medali dan Vietnam yang mengantongi 182 medali. Prestasi para atlet disabilitas Indonesia sebagai juara umum ASEAN Para Games tahun ini mempertahankan dominasi setelah 2017 lalu di Malaysia kontingen Merah Putih juga juara umum.

Event ASEAN Para Games 2022 ditutup Sabtu (6/8) oleh Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali bersama beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju. Turut hadir Menteri BUMN Erick Thohir.

“Alhamdulillah sejalan dengan harapan kita semua, akhirnya Indonesia mendapat medali paling banyak,” ujar Erick Thohir, dalam keterangannya dikutip Senin (8/8).

“Ini tentu tidak lepas dari perjuangan dan kegigihan teman-teman para atlet yang membuktikan kepada kita semua bahwa fisik bukan menjadi batasan untuk berjuang,” lanjutnya.

Erick Thohir juga menyampaikan apresiasinya atas kerja keras para atlet dan seluruh kontingen yang turut berpartisipasi dalam mengharumkan nama Indonesia. “Terima kasih untuk para atlet yang sudah berjuang mengerahkan seluruh kemampuan yang dimiliki. Sehingga kita bisa keluar sebagai yang terbaik. Ini tentu hasil dari persiapan yang dilakukan dengan baik dengan dukungan dari berbagai pihak,” lanjutnya.

Tak lupa Erick Thohir yang pernah menjadi ketua pelaksana Asian Games 2018 memberikan apresiasinya kepada Kota Solo yang telah sukses menyelenggarakan event ASEAN Para Games 2022.

“Terima kasih untuk Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, seluruh stake holder, dan tentu saja masyarakat Solo yang memberikan dukungan atas suksesnya kegiatan ASEAN Para Games 2022 ini.”

Erick Thohir juga merasa bangga Badan Usaha Milik Negara menjadi bagian dari kesuksesan ASEAN Para Games 2022 ini. Sebagaimana diketahui, Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah ASEAN Para Games di kala beberapa negara lain tidak menyanggupi.

Ini merupakan komitmen besar bagi Indonesia, Kota Solo maupun seluruh komponen bangsa yang mendukungnya, termasuk BUMN untuk menjaga kepercayaan internasional kepada Indonesia. “Kita juga bangga karena BUMN menjadi bagian dari kesuksesan ASEAN Para Games 2022. Ini semua demi kesetaraan dan memberi kesempatan bagi atlet-atlet disabilitas terbaik ASEAN berkompetisi menuju Paralimpiade Paris 2024 mendatang,” ujarnya. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update