Sabtu, 20 Agustus 2022

Raheem Sterling Pergi, Cancelo Ganti Nomor 27 ke 7

Berita Terkait

Gestur bek kiri Manchester City Joao Cancelo setelah memberikan umpan untuk gol Phil Foden di Etihad Stadium. (TOM FLATHERS/MANCHESTER CITY FC )

batampos – Kepergian Raheem Sterling ke Chelsea membuka kesempatan bagi fullback Manchester City Joao Cancelo untuk berganti nomor punggung.

Pemain yang bisa berposisi sebagai bek kanan maupun bek kiri itu mengisi nomor 7 yang ditinggalkan Sterling. Cancelo sebelumnya memakai nomor 27.

Pemain timnas Portugal itu punya alasan spesifik memilih nomor 7 yang sebenarnya tidak biasa untuk pemain belakang.

Alasannya tak lain karena angka 7 identik dengan tanggal lahir mendiang ibunya, Filomena Cancelo. Juga, karena 7 merupakan nomor favorit Filomena.

Ibu Cancelo meninggal sembilan tahun silam karena kecelakaan mobil. Kala itu, dia masih jadi pemain SL Benfica B. Akibat kehilangan sosok yang sangat disayanginya, Cancelo sempat berpikir untuk berhenti dari karier sepak bola.

Namun, staf Benfica terus meyakinkannya supaya melanjutkan karier. Meski berat, dia akhirnya tetap bermain demi masa depan yang lebih baik. Demi keluarga.

’’Ketika di Portugal, aku selalu pergi ke makamnya (Filomena, Red). Itu seperti kewajiban bagiku. Pada momen itu, di sebelahnya, aku merasa tenang.”

”Meski dia tidak ada secara fisik, aku merasa semua energi buruk hilang dan membantuku lebih bahagia,’’ beber Cancelo di laman resmi klub.

Sejak kehilangan Filomena, Cancelo selalu identik dengan nomor punggung 7 atau angka yang ada unsur 7. Bersama Benfica B, dia mengenakan nomor 70.

Ketika memperkuat Valencia CF pada 2014–2017, dia tidak bisa mengenakan nomor 7 lantaran sudah jadi milik Alvaro Negredo dan Mario Suarez.

Dia baru bisa mengenakan nomor 7 lagi ketika dipinjamkan ke Inter Milan (2017–2018).

Ketika dibeli City pada 2019–2020, Cancelo memilih nomor 27. Bukan karena nomor 7 sudah dimiliki Sterling, melainkan karena 27 adalah tanggal kelahirannya. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update