Sabtu, 20 Agustus 2022

Quartararo Dapat Sanksi, Yamaha Anggap MotoGP Kejam

Berita Terkait

Insiden yang melibatkan Aleix Espargaro (kiri) dan Fabio Quartararo di tikungan 5 Sirkuit Asen pada MotoGP Belanda, Minggu (26/6). (Crash.net)

batampos – Insiden terjatuhnya pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo di lap kelima balapan MotoGP GP Belanda (26/6) berbuah sanksi.

Dalam keputusan tim pengawas balapan, pembalap Prancis tersebut menerima hukuman satu kali long lap penalty pada race selanjutnya. Yakni di GP Inggris pada 7 Agustus mendatang.

Dalam rilis resmi, tim pengawas menganggap Quartararo melakukan manuver terlalu agresif sehingga merugikan pembalap lain, yakni Aleix Espargaro (Aprilia).

Seperti diketahui, gara-gara insiden itu, Espargaro ikut terseret keluar lintasan hingga merosot ke posisi ke-15 dari sebelumnya berada di posisi kedua.

’’Pembalap nomor 20 (Quartararo) tidak berada dalam posisi mampu menyelesaikan gerakan (di tikungan 5) dan kemudian terjatuh.”

”Itu mengakibatkan kontak dengan pembalap nomor 41 (Espargaro) dan membuatnya melebar. Atas kejadian itu, Quartararo dijatuhi satu kali long lap penalty pada GP Inggris,’’ tulis tim pengawas balapan MotoGP dalam rilis resmi dilansir Crash.

Yamaha langsung merespon keras keputusan tersebut. Mereka menyebut keputusan itu kejam.

Pabrikan Jepang tersebut juga menganggap keputusan itu menunjukkan MotoGP tidak konsisten dalam menentukan hukuman kepada pembalap terkait kejadian saat balapan.

Tanggapan Yamaha itu merujuk kejadian di GP Catalunya awal bulan ini (5/6). Saat itu pembalap LCR Honda Takaaki Nakagami juga melakukan manuver agresif saat melibas tikungan hingga terjatuh.

Kejadian itu bahkan membuat Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Francesco Bagnaia (Ducati) ikut terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Namun, dalam keputusannya, tim pengawas balapan saat itu menyebut insiden tersebut murni kecelakaan yang tidak disengaja. Nakagami bahkan bebas dari sanksi apa pun.

’’Keputusan memberi sanksi (Quartararo) ini bukan hanya kejam. Namun, juga menunjukkan ketidakkonsistenan MotoGP.”

”Seperti yang kita ketahui, (Quartararo) sama sekali tidak membuat pembalap lain terjatuh. Aleix bahkan masih bisa meraih poin,’’ ucap Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli dilansir Crash.

Long lap penalty sendiri adalah hukuman yang diberikan kepada rider dengan harus melintasi area khusus long lap penalty saat balapan berlangsung.

Area itu berbeda-beda di setiap sirkuit. Sanksi tersebut biasanya membuat pembalap kehilangan 1 sampai 2 detik di lintasan. (*)

 

Reporter: JPGroup

Update