Proses Naturalisasi Justin Hubner Tunggu Keputusan Presiden

0
37
Calon pemain naturalisasi Justin Hubner saat berlatih bersama Timnas U-20 Indonesia di Turki pada November tahun lalu. Hubner mendapat perpanjangan kontrak di Wolves. (ANTARA/HO-PSSI )
Calon pemain naturalisasi Justin Hubner saat berlatih bersama Timnas U-20 Indonesia di Turki pada November tahun lalu. Hubner mendapat perpanjangan kontrak di Wolves. (ANTARA/HO-PSSI )

batampos – Impian Justin Hubner untuk membela Timnas Indonesia agaknya bisa segera terwujud. Proses naturalisasi Justin Hubner untuk menjadi Warga Negara Indonesia telah memasuki tahap akhir.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir melalui akun Instagram pribadinya. Ia menyampaikan hal tersebut melalui sebuah pernyataan singkat sambil mengunggah video penampilan Justin Hubner.

“Setelah pembicaraan lebih lanjut, proses naturalisasi, pemain kelahiran Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia, Justin Quincy Hubner, sudah masuk tahap akhir,” tulis Erick Thohir di Instagram pribadinya pada Jumat (3/11) malam.

Dikutip JawaPos.com dari situs resmi PSSI, Minggu (5/11), proses naturalisasi Justin Hubner untuk menjadi WNI tinggal menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo. Kemudian langkah terakhir yang harus Justin lalui adalah pengambilan sumpah menjadi WNI.

“Selanjutnya tinggal menunggu keputusan Presiden dan pengambilan sumpah kewarganegaraan Republik Indonesia,” kata Erick menambahkan.

Hubner saat ini tercatat sebagai pemain Wolverhampton Wanderers, yang sedang berlaga di Liga Primer Inggris. Ia telah bergabung dengan Wolves sejak Februari 2020 sebagai pemain junior.

Pemain kelahiran 2003 tersebut memiliki darah Indonesia dari sang ayah. Sedangkan ibunya adalah warga asli Belanda.

Hubner pada awalnya diminati Shin Tae-yong untuk menjadi bagian dari skuad tim U-20 Indonesia yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Meskipun Indonesia batal tampil di Piala Dunia U-20 2023, keinginan Hubner untuk bergabung dengan Tim Garuda tidak surut.

Erick berharap proses naturalisasi Hubner menjadi WNI dapat berjalan dengan lancar. Menurutnya, ini menjadi salah satu kabar baik untuk perkembangan sepakbola Indonesia.

“Semoga semua tahapan akan berjalan dengan lancar demi memajukan sepakbola Tanah Air,” ujar Erick.

Proses naturalisasi Hubner sebenarnya telah berjalan bersamaan dengan Ivar Jenner dan Rafael William Struick. DPR telah menyetujui proses naturalisasi ketiganya melalui sidang paripurna ke-19 Masa Sidang IV tahun sidang 2022-2023.

Pada saat itu, Hubner sempat maju-mundur dan kini ia sudah menunjukkan komitmen yang jelas untuk berseragam merah putih. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini