Rabu, 24 Juli 2024

Prediksi Laga Spanyol vs Prancis Euro 2024, Rekor Pertemuan Unggulkan Les Bleus

Berita Terkait

Prancis berpeluang patahkan mimpi Spanyol untuk jadi penguasa abadi Euro. (Instagram/@equipedefrance)

batampos – Jelang pertandingan semifinal Euro 2024 yang sangat dinantikan antara Spanyol dan Prancis, para penggemar sepak bola di seluruh dunia sudah bersiap-siap untuk menyaksikan duel akbar.

Pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung di Munchen Football Arena, Jerman, pada Rabu, 10 Juli 2024 dini hari pukul 02.00 WIB. Laga Spanyol vs Prancis bisa juga disaksikan secara langsung di RCTI dan Vision+.

Melihat dari rekam jejak pertemuan (head-to-head) antara kedua tim, La Roja -julukan timnas Spanyol, sedikit lebih unggul dibandingkan dengan Les Bleus – julukan timnas Prancis. Dari total 36 pertandingan yang sudah mereka lakoni, Spanyol berhasil meraih 16 kemenangan, sedangkan Prancis mencatatkan 13 kemenangan, dan 7 pertandingan lainnya berakhir imbang.

Khusus di putaran final EURO atau Piala Eropa, Prancis justru unggul dalam pertemuan dengan 2 kemenangan dari 4 laga sebelumnya. Spanyol hanya mampu memenangkan 1 pertandingan, dan 1 laga lainnya berakhir imbang. Salah satu kemenangan Prancis yang paling bersejarah adalah saat final EURO 1984 ketika mereka menjadi tuan rumah dan berhasil menaklukkan Spanyol dengan skor 2-0, berkat gol Michel Platini dan Bruno Bellone.

Selain itu, Prancis juga pernah mengalahkan Spanyol pada perempat final EURO 2000 di Belgia dengan skor 2-1. Gol dari Zinédine Zidane dan Youri Djorkaeff memastikan kemenangan bagi Les Bleus, meskipun Spanyol sempat menyamakan kedudukan melalui gol Gaizka Mendieta.

Namun, Spanyol juga memiliki catatan kemenangan penting atas Prancis. Yaitu, pada perempat final EURO 2012. Sepasang gol dari Xabi Alonso membawa Spanyol mengalahkan Prancis 2-0, yang sekaligus membawa mereka meraih gelar juara EURO 2012.

Pada pertemuan terakhir di UEFA Nations League A 2020/21, Prancis berhasil menang 2-1 atas Spanyol di final. Gol dari Karim Benzema dan Kylian Mbappé membawa Les Bleus mengalahkan Spanyol yang sempat unggul lebih dulu melalui gol Mikel Oyarzabal.

Menuju semifinal EURO 2024 ini, Spanyol dan Prancis sama-sama datang dengan modal yang cukup baik. Spanyol berhasil menumbangkan tuan rumah Jerman di perempat final dengan skor 2-1, berkat gol Mikel Merino di akhir babak tambahan waktu. Sementara itu, Prancis harus melewati adu penalti untuk menyingkirkan Portugal, setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit pertandingan.

Melihat performa dan statistik kedua tim di EURO 2024, Spanyol tampil cukup impresif dengan mengalahkan lawan-lawan kuat seperti Italia dan Jerman. Sedangkan Prancis, meskipun harus melalui adu penalti melawan Portugal, menunjukkan ketangguhan mereka dengan mengalahkan Belgia dan bermain imbang melawan Belanda.

Timnas Spanyol akan tampil tanpa Dani Carvajal yang absen karena kartu merah, Robin Le Normand karena akumulasi kartu, dan Pedri yang cedera. Namun, mereka masih memiliki pemain-pemain berkualitas seperti Aymeric Laporte, Marc Cucurella, Rodri, Dani Olmo, dan Álvaro Morata yang siap memberikan performa terbaik mereka.

Di sisi lain, Prancis akan turun dengan kekuatan penuh. Pemain-pemain andalan seperti Kylian Mbappé, Antoine Griezmann, Théo Hernandez, N’Golo Kanté, dan William Saliba siap memberikan yang terbaik di bawah arahan pelatih Didier Deschamps.

Spanyol diperkirakan akan menurunkan formasi 4-3-3 dengan Unai Simón di bawah mistar, lini belakang diperkuat oleh Nacho Fernández, Dani Vivian, Aymeric Laporte, dan Marc Cucurella. Lini tengah akan diisi oleh Rodri, Dani Olmo, dan Fabián Ruiz, sementara lini depan akan diisi oleh Lamine Yamal, Nico Williams, dan Álvaro Morata.

Prancis diprediksi akan menggunakan formasi 4-3-1-2 dengan Mike Maignan sebagai kiper utama. Lini pertahanan akan diperkuat oleh Jules Koundé, Dayot Upamecano, William Saliba, dan Théo Hernandez. Lini tengah akan diisi oleh N’Golo Kanté, Aurélien Tchouaméni, dan Adrien Rabiot, dengan Antoine Griezmann bermain di belakang duo striker Kylian Mbappé dan Randal Kolo Muani.

Pertandingan ini diprediksi akan berlangsung sengit dan menarik, mengingat kedua tim memiliki sejarah pertemuan yang cukup berimbang dan selalu menghadirkan pertandingan yang ketat. Baik Spanyol maupun Prancis tentu memiliki ambisi besar untuk melangkah ke final EURO 2024 dan meraih gelar juara.

Dengan segala persiapan dan ekspektasi yang tinggi, pertandingan Spanyol vs Prancis di semifinal EURO 2024 ini dijamin akan menjadi tontonan yang sangat dinantikan oleh para penggemar sepak bola. Mari kita saksikan bersama, siapa yang akan melangkah ke final dan mendekati gelar juara EURO 2024.(*)

 

SourceJPGroup

Update