Jumat, 19 Agustus 2022

Pol Espargaro akan Pulang ke KTM

Berita Terkait

Pol Espargaro saat peluncuran tim Repsol Honda awal musim 2022. (Repsol Honda)

batampos – Pertanyaan terkait masa depan Pol Espargaro di MotoGP sudah mulai menemukan jawaban.

Sejak kabar Joan Mir hampir dipastikan bergabung dengan Repsol Honda bertandem dengan Marc Marquez, posisi Pol benar-benar terancam.

Namun, kabar terbaru menyebutkan pembalap Spanyol itu akan pulang ke KTM. Bukan ke tim utama pabrikan karena sudah penuh, tapi ke tim satelit Tech 3.

Pol pernah membela KTM empat musim. Yakni pada 2017-2020. Meraih enam podium, dimana lima di antarnya diraihnya pada musim 2020.

Dia kemudian tergoda tawaran Repsol Honda karena saat itu, tim pabrikan berlogo sayap mengepak tersebut adalah skuad juara dunia.

Sayangnya, keputusan tersebut pada akhirnya terbukti salah. Dua musim berlalu, proses adaptasi dengan RC213V tak kunjung membuahkan hasil maksimal.

Sekarang, malah posisinya terancam oleh kedatangan Joan Mir. Pol sendiri digadang-gadang akan menggantikan rookie Raul Fernandez. Sedangkan, Remy Gardner dipertahankan di tim tersebut.

Tim KTM pabrikan sendiri sudah pasti diisi oleh Brad Binder dan Jack Miller.

”Mungkin. Tapi aku mendengar ada beberapa nama. Setiap pabrikan punya potensi menjadi pemenang. Semuanya kompetitif,” ucap Manajer Tim Tech 3 Herve Poncharal.

”KTM akan mempersiapkan 2 tahun ke depan untuk satu langkah lebih maju. (Untuk itu) kami membutuhkan (kombinasi) rider muda dan rider berpengelaman. Juga orang-orang yang percaya dengan proyek ini.”

”Jelas Pol adalah sosok yang telah meninggalkan memori luar biasa untuk kami. Karena sejak hari pertama (KTM berkompetisi di MotoGP) dia sudah ada dalam proyek ini.”

”Dia adalah pembalap yang selalu membalap habis-habisan di setiap lap.”

”Pimpinan klasemen saat ini adalah Fabio Quartararo, tapi jika kita melihat catatan balapan Pol, tidak satu lap pun dia tertinggal 2-3 detik di belakangnya,” puji Poncharal.

”(Statistik) inilah yang bisa membantu seluruh proyek kami. Jelas, Pol adalah sosok yang bisa menjadi aset besar bagi kami.”

”Dia (pernah) meninggalkan KTM. (Sekarang) dia sepertinya ingin bernostalgia. Jadi semuanya mungkin.”

Apakah Pol akan menjadi pilihan utama di Tech 3? ”Dia ada di posisi yang bagus dalam daftar kami,” pungkasnya. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update